Promosi

Do an

Ditulis oleh Reinhart Poli

Adalah hal yang menyenangkan ketika bersantap kita memiliki pilihan hidangan sehat yang lezat. Kebanyakan hidangan dengan label ‘sehat’ tidak akan selalu sama dengan kelezatan. banyak hal yang harus diganti sehingga lidahpun terkadang harus ‘tutup mata’ untuk menerima kenyataan ini.

Tapi, satu alternatif yang boleh dicoba adalah hidangan a la Vietnam. Negeri ini dikenal memiliki pilihan hidangan dengan banyak sayur dan metode memasak yang simple tanpa banyak menggunakan lemak. Kira-kira sesuaikah dengan harapan? Do an, jadi pilihan santap siang, berlokasi di Mall Kelapa Gading.

Mungkin karena berkunjung pada tengah minggu, resto bernuansa terang dan simple ini tidak terlalu ramai dengan pengunjung. Tanpa terlalu lama tunggu, buku menu yang lumayan tebal lengkap dengan foto hidangan, langsung diberikan. Menu makanan masih menggunakan bahasa Vietnam yang lumayan sulit diucapkan, tapi tidak usah terlalu pusing karena visual dan penjelasan yang sudah diterjemahkan akan menolong Anda.

Ini yang membuat saya memutuskan untuk memesan lumpia segar isi udang dan sapi goreng sebagai pembuka. Untuk hidangan utama, sop mie sapi (pho) dan ayam pedas tumis sereh ditambah dua jenis minuman dingin yaitu lychee jahe dan es teh sereh (lemon grass). Tidak lupa sebagai penutup, kali ini tidak berupa hidangan tapi es kopi Vietnam yang sepertinya lebih cocok karena cuaca yang panas terik diawal musim kemarau.

Salah satu pertimbangan lain diluar alasan hidangan sehat adalah kids meal atau menu untuk anak. Kami pilihkan ikan dori dan ayam untuk disajikan terlebih dahulu. Ternyata menu anak adalah hidangan super lengkap dengan potongan buah, jus juga jelly dan tampilan hiasan lucu pada nasi, sehingga si Kecil pun langsung sibuk untuk mencicipnya. Kami hanya berharap, ia mampu menghabiskannya karena porsi yang lumayan besar dan padat ini.

Lalu, tibalah giliran dua hidangan pembuka. Lumpia segar (tidak digoreng), menggunakan bungkus berbahan tepung beras yang tipis, membuat isi lumpia terlihat jelas. Berisi sayuran dan bihun, rasa gurih ditambah potongan udang langsung dinikmati. Apalagi ditambah dengan saus kental yang khas dengan nuansa manis, jadi pengimbang yang pas. Untuk sapi goreng, saus berbeda yang segar dan sedikit pedas, juga berhasil membangkitkan selera makan dengan cepat.

Untunglah makanan utama segera disajikan. Untuk sop mie (pho) disajikan dengan irisan tipis daging sapi, selain tauge, dan berbagai bumbu juga sayuran, pastinya. Karena semua bumbu disajikan terpisah, lebih mudah untuk meracik sesuai selera membuat hidangan ini jadi andalan resto. Untuk ayam tumis sereh, bumbu yang meresap ditambah rasa pedas yang pas, sulit dilupakan. Kelezatan mirip dengan sensasi masakan rendang dengan tingkatan pedas juga rasa rempah yang sedang. Disajikan dengan nasi, ditambah salad berupa potongan sayuran dan daun selada, ini benar-benar hidangan lengkap, lezat dan porsi yang lumayan besar.

Seusai bersantap pedas, minuman dingin sebetulnya bukan pilihan pas. Hanya saja kesegaran lychee jahe sulit ditolak, yang hadir ialah sensasi dingin yang terasa hangat didalam mulut. Ini adalah efek dari jahe segar ditambah potongan buah lychee dan agar-agar. Akibatnya, rasa pedas hidangan sebelumnya, langsung tergantikan dengan baik. Sedang es teh sereh bisa jadi pilihan berbeda dibanding rasa lemon, tetap dengan kesegaran teh dingin beraroma sereh yang khas.

Yang terakhir adalah kopi es vietnam, ini adalah minuman andalan yang disajikan dengan wadah khusus. Bubuk kopi yang diseduh air panas akan menetes kedalam gelas berisi susu kental manis. Ketika semua cairan sudah berada didalam gelas, semua diaduk jadi satu dan diberikan batu es. Rasa kopi sangat kuat tapi tidak terlalu pahit karena sudah di’jinakan’ oleh susu manis. Yang tersisa adalah aroma dan rasa kopi ringan mirip permen didalam mulut.

Dan kehadiran es kopi ini jadi penutup yang baik, apalagi dinikmati tanpa terburu-buru. Harapan untuk mendapat kelezatan asli hidangan vietnam terpenuhi, citarasa yang baik sudah didapat. Untuk hidangan sehatnya, semua dikembalikan pada kita lagi. Adalah bijak dan sehat jika hidangan selalu dinikmati sesuai dan jumlah yang normal. Mudah bukan?