Promosi

Tamani Kafe & Grill

Ditulis oleh Reinhart Poli

Satu resto yang bertahan dan telah memiliki 16 gerai yang tersebar di Jakarta dan Tangerang adalah Tamani Kafe. Formula yang digunakan resto ini cukup sederhana sehingga tetap diminati pengunjung sejak 1999; harga pantas & kualitas makanan yang baik juga lezat. Artinya, kita tidak perlu pusing urusan dompet karena keinginan bersantap diluar sudah jadi kebiasaan yang cukup rutin.

Seperti apa resto Tamani Kafe yang memiliki variasi jenis express, grill juga kids ini? Siang dihari libur saya berkunjung kesalah satu gerai yang berlokasi di jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat. Ternyata didalam gedung yang sama terdapat Sate Khas Senayan yang letaknya bersebelahan, lumayan praktis karena kita dapat menyantap dua menu berbeda disatu tempat. Tamani Kafe Grill adalah nama resmi resto ini yang menyediakan hidangan barat juga Indonesia. Berinterior simple dengan kapasitas lebih dari 100 tempat duduk, ternyata cukup sibuk siang itu. Saya mendapat tempat tidak lama kemudian dan langsung memulai dengan buku menu dari makanan dan minuman.

Buku menu sangat informatif dengan pilihan hidangan mulai dari pembuka, sampai pencuci mulut dan tidak lupa kid’s menu. Satu pilihan yang sudah jarang didapati pada sebuah resto, sebuah alternatif yang ideal jika satu keluarga dari beberapa generasi akan bersantap bersama. Sayapun memilih hidangan barat yang ringan tapi juga favorit dari Tamani Kafe yaitu sop kentang, salad ayam, salmon segar yang dibakar dan yakiniku sapi dengan daging wagyu. Ditemani minuman segar yaitu lemon squash yang disajikan dengan gelas berbentuk botol yang unik.

Walau resto ramai, makanan disajikan tidak lebih setelah 10 menit memesan. Sop kentang dengan judul chunky baked potato terasa pas, dengan rasa gurih dari kombinasi krim, keju dan potongan daging sapi. Disajikan dengan dua potong roti kering jadi pembuka yang hangat dan cepat memenuhi perut karena bahan kentang yang digunakan. Untuk Anda yang ingin mencicip sop lain, pilihan masih banyak, termasuk sop buntut bakar juga tom yang kung. Tapi kali ini sop dengan tampilan sederhana, sudah lebih dari cukup karena beberapa hidangan sudah mulai antri untuk dinikmati.

Pilihan salah ayam panggang, ternyata disajikan dalam piring persegi panjang berukuran hampir 50cm…wah, kedatangannya langsung memenuhi meja makan. Salad unik ini sudah mendapat sentuhan a la Indonesia dengan kehadiran krupuk gendar yaitu krupuk persegi yang dibuat dari nasi yang dikeringkan. Kalau biasanya krupuk datang didalam menu dengan sajian nasi dan lauk, kali ini salad dengan kombinasi saus mustard dan madu adalah padanannya. Rasa saus yang manis dan khas mustard layak jadi pilihan, apalagi dada ayam panggang yang adalah bahan utama salad tidak berbumbu dominan. Hasilnya adalah pengalaman yang yang menyenangkan dari berbagai rasa baik gurih, manis dan sedikit pedas mustard dengan tekstur makanan yang juga beragam  ditambah kehadiran 2 potong besar krupuk gendar. Sebuah menu yang seimbang dengan porsi yang dapat juga jadi hidangan utama jika Anda tidak ingin terlalu cepat kenyang atau ingin menikmati menu lain agar lebih bervariasi.

Sementara menunggu hidangan berikut datang, beberapa tegukan minum dari segelas  stylish lime squash sepertinya berhasil mengurangi rasa berat dari dua hidangan sebelumnya. Minuman dengan soda yang ditambah ditambah irisan jeruk nipis dan jeruk sunkist memang terasa cocok pada siang itu karena cuaca yang panas terik. Rasa dingin dan sensasi soda mengalir mudah menetralkan rasa dalam mulut untuk siap menikmati hidangan berikut yaitu fresh fillet of salmon.

Pilihan kentang sebagai pendamping salmon bakar adalah french fries atau mashed potato (bubur kentang), pilihan saya ialah yang terakhir. Bubur kentang yang disiapkan tidak terlalu banyak garam  atau bahan lain  disajikan segar, cocok untuk hidangan yang memiliki beberapa rasa dominan. Ditambah saus lada teriyaki, salmon segar yang dibakar jadi pilihan tepat; terlebih tanpa banyak bumbu rasa salmon sedikit manis khas seafood segar tetap terasa. Hanya saja kali ini sayuran yang diletakan dibawah potongan fillet salmon tidak terlalu cermati penyajiannya. Beberapa jenis potongan sayur ditumis sederhana tapi tidak  segar terpaksa harus saya lewati. Tapi secara keseluruhan menu tersebut berhasil menonjolkan semua bahan secara natural, sehingga penambahan saus hanya diperlukan sedikit sesuai selera Anda.

Untuk hidangan utama selain salmon, yakiniku dengan bahan daging sapi jenis wagyu adalah pilihan yang baik jika Anda ingin menikmati satu hidangan lengkap (set menu). Daging iris tipis yakiniku dapat dimasak dimeja oleh pramusaji ataupun langsung disiapkan pada piring dihadapan pengunjung. Menu ini sudah berisi lengkap dengan nasi hangat dan sup miso (kacang kedelai) dalam tiap porsinya dilengkapi saus yakiniku. Daging wagyu sebagai bahan hidangan yang identik dengan keempukan kali ini meleset dari harapan karena yang digunakan adalah grade 5 (dari maksimal 10). Hanya saja karena pengolahan yang baik dan porsi yang cukup, menu tersebut secara keseluruhan tidaklah mengecewakan. Tamani kafe sendiri memiliki  banyak pilihan menu dengan bahan daging wagyu, berbagai grade atau mutu daging diinformasikan dengan jelas. Saran saya, jika Anda memutuskan untuk memesan daging yang dibakar (grill), idealnya tingkat kematangan medium rare adalah yang terbaik. Rasa khas daging sapi dan tekstur yang mudah dicerna ada pada tingkat kematangan ini. Sedangkan pada tingkat kematangan yang lebih tinggi, daging akan berubah jadi a lot dan tidak lagi memberikan kelezatan yang diharapkan.

Rupanya setelah melewati beberapa menu, kali ini tidak ada lagi ruang dalam perut yang kosong. Dengan terpaksa hidangan pencuci mulut harus dilewati dan diganti oleh segelas iced lemon tea….dan kunjungan siang untuk bersantap sudah usai. Seperti saya informasikan diawal artikel, secara total keseluruhan harga menu ditambah pajak 10% sesuai dengan harapan tanpa harus merogoh kantong terlalu dalam. Untuk biaya bersantap per orang dengan minum (diluar pajak) berkisar Rp. 100.000 s/d Rp. 125.000, harga yang pantas cocok untuk makan siang ataupun malam. Untuk pilihan lain yang sejenis, dibeberapa lokasi terdapat gerai Tamani Express tentu dengan kualitas yang sama, dapat Anda pesan dengan segera dengan harga terjangkau. Satu lagi kunjungan saya yang berakhir dengan satu pengalaman makan siang yang baik, lezat juga terjangkau dari Tamani Kafe & grill.

Restaurang remarks:

Food/makanan                     :           45

Value/harga makanan        :           4/5

Ambience/suasana             :           3/5

Service/layanan                   :           3/5