Promosi

ABRACADABRA... here comes the food

“Masak apa ya hari ini?” … pertanyaan ini selalu dengan setia mengunjungi benak kebanyakan Ibu Rumah Tangga setiap hari.

Memang mengurus menu makanan sehari-hari dirumah itu tidak gampang. Terkadang kita memasak yang itu itu saja, terutama apabila salah satu dari masakan rutin itu adalah kesenangan anak atau suami.  Dan saat anak atau suami protes, ibu biasanya langsung bete dan jalan pintasnya lagi-lagi delivery order. Kebanyakan masakan Indonesia selalu dimasak lebih dahulu, baik lauk pauk utama ataupun sayur.  Untuk makan siang jam 12 atau 12.20, sejak  jam 10 pagi masakan telah ‘standby’. Oleh sebab itu, saat ingin dimakan kita harus selalu memanaskannya. Hal ini tentunya menghilangkan keberadaan nutrisi yang terkandung dalam makanan, dan makanan juga tidak terlihat segar.

Apakah yang menjadi trik dari cara masak cepat, nutrisi masih ada dan warna masakan juga tetap memukau? Triknya adalah di metoda memasak. Saya perhatikan pada acara cooking demo, banyak sekali pertanyaan Ibu ibu mengenai bagaimana cara mempertahankan nutrisi saat memasak. Tapi pada kenyataannya, pertanyaan tinggal pertanyaan dan jawaban tinggal jawaban. Kebiasaan memasak lama tetap dilakukan karena ‘malas’ merubah kebiasaan tersebut.

STIR FRY adalah salah satu cara masak cepat dan sehat. Stir fry adalah metoda memasak Asia, terutama dari Cina. Stir fry adalah metoda memasak yang cepat, sedikit minyak, di masak sesaat sebelum makan, dan sayuran masih dalam keadaan ‘crunchy’ dan daging, ikan atau seafood akan matang dengan kadar kematangan yang tepat. Hampir semua bahan masakan dapat dipakai dengan metoda masak stir fry, ‘all in one’. Karena kita dapat mencampur apa saja kedalam stir fry. Dan semakin sering kita membuatnya, semakin kreatiflah kita dalam mencampur bahan.

Saya tidak meminta para Ibu untuk meninggalkan cara memasak yang telah mereka tekuni selama ini, karena ada beberapa metoda memasak makanan yang tidak cocok dengan metoda stir fry. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba sesuatu yang baru, apalagi kalau sesuatu yang baru akan menambah plus point untuk keluarga. Makanan yang sehat tidak hanya terdapat pada kualitas dan harga bahan makanan tersebut. Metoda memasak memegang peranan penting untuk mendapat makanan yang masih sarat dengan nutrisi. Cobalah stir fry satu atau dua kali seminggu. Kita tidak perlu memasak bermacam macam. Hanya dengan modal sayuran seperti tauge, paprika dan brokoli dan tambahkan udang dan irisan cabai dan bawang Bombay, kita sudah dapat menikmati stir fry udang dan sayur two in one, yang dapat dinikmati dengan nasi panas. Simple, satu macam saja, tapi lengkap dengan sayuran dan protein. Fresh from the wok!!!

Dan pastinya masih ada lowongan untuk dessert yang lezat. Ibu dapat menyiapkan Fruit Salad in Jelly. Dessert ini sarat dengan serat dank arena dibuat sendiri, kita dapat mengkontrol jumlah gulanya. Bon apetite!!