©shutterstock

5 Makanan Berlemak yang Ternyata Menyehatkan

Anggapan tentang makanan berlemak sebagai makanan tak sehat masih cukup mendominasi pemahaman masyarakat tentang salah satu sumber nutrisi ini. Lemak dikenal sebagai salah satu nutrisi yang banyak menyumbangkan kenaikan berat badan. Namun, itu terjadi jika konsumsinya terlalu berlebihan, karena keperluan lemak dalam proses metabolisme tidaklah sebanyak zat gizi lainnya. Sebab, dalam jumlah yang tepat lemak juga bermanfaat untuk proses pembakaran kalori dalam tubuh.

 

Selain itu, masih ada lemak sehat yang baik untuk kesehatan kita. Secara umum lemak ini justru dibutuhkan untuk mendukung proses metabolisme dan mencegah beragam gangguan sistem tubuh. American Heart Association, menyebutkan sumbernya berikut ini.

 

Olive oil

Minyak ini sering digunakan dalam sajian salad maupun untuk keperluan memasak. Katherine Brooking, master nutrisi dari  Amerika menjelaskan dalam satu sendok makan olive oil mengandung lemak sehat sebanyak 9,85 gram. Jika dirinci lebih detil, kandungan lemak sehat ini mencakup 10 gram lemak monounsaturated dan hanya 2 gram saturated fat. Adanya lemak monounsaturated yang lebih banyak dalam minyak ini dapat mendukung kinerja jantung lebih optimal.

 

Selai kacang

Dalam satu satu sendok makan selai kacang mengandung 3,3 gram lemak sehat. Katherine menyebutkan jumlah tersebut terbagi dalam 4 gram kandungan monounsaturated fat dalam satu sendok makannya. Di samping lemak sehat, selai kacang juga mengandung serat, vitamin dan mineral yang cukup melimpah. Serat diperlukan untuk melancarkan sistem pencernaan, sedangkan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

 

Daging domba

Sesekali waktu tak ada salahnya menyajikan hidangan istimewa seperti bistik daging domba. Sebanyak 85 gram daging domba dapat menyumbangkan lemak sehat sebanyak 3,3 gram. Katherine menyebutkan lemak sehat ini tersusun dari 3 gram lemak monounsaturated dan asam lemak omega-3 setara kandungan lemak sehat satu sendok makan olive oil. Daging domba juga menjadi sumber protein yang baik. Makanan ini juga berkontribusi sebagai penyumbang vitamin B12, zink dan selenium.

 

Alpukat

Minyak sehat sudah, selai kacang dan daging domba juga sudah. Biar lebih lengkap, sumber lemak sehat berikutnya berasal dari alpukat. Sebuah alpukat ukuran sedang dapat menyumbangkan lemak sehat sebanyak 3 gram. Lemak sehat ini terdiri dari 75 persen lemak sehat baik monounsaturated maupun polyunsaturated. Lebih istimewanya lagi, alpukat termasuk ke dalam buah yang mengandung 20 nutrisi berbeda termasuk vitamin E, asam folat, serat dan karotenoid yang baik untuk kesehatan kulit.

 

Sudah terbukti kan jika ada lemak yang masih bermanfaat bagi tubuh, jangan lupa untuk mengonsumsinya ya Bu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait