Aneka Buah Sumber Antioksidan

Setiap hari tubuh Anda selalu berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Tanpa Anda sadari, lingkungan begitu bebas menyalurkan virus penyakit di mana-mana. Belum lagi, jika tempat kerja atau ruangan yang biasa Anda gunakan kurang ventilasi. Anda lebih mudah tertular atau mengalami sakit juga. Bila Anda tidak hobi mengonsumsi makanan sumber antioksidan seperti buah-buahan yang cukup, daya tahan tubuh tak mampu membendung serangan penyakit yang bisa datang kapan saja.

Adapun beberapa buah-buahan sumber antioksidan tersebut dapat Anda simak di bawah ini.

Alpukat

Sumber antioksidan pertama yang dapat Anda nikmati dari buah-buahan adalah alpukat. Buah yang memiliki tekstur lembut dan kaya lemak sehat ini sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Lemak sehat inilah yang menjadi andalan antioksidan dalam alpukat. Sebab, kehadirannya dapat menetralkan lemak tak sehat yang ikut masuk ke dalam tubuh saat Anda makan. Alpukat juga mengandung vitamin E dan kalium yang memiliki peran menjaga kelembapan kulit dan melindungi sel darah.

Beri

Keluarga beri memiliki banyak macam dan jenisnya. Sebut saja, bluberi, stroberi, raspberi dan juga kranberi. Semua buah-buahan ini mengandung antosianin dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Zat-zat ini memiliki peran untuk melindungi tubuh dari serangan virus penyakit dan juga menjaga kekebalan tubuh Anda.

Anggur

Ada pula buah anggur yang masyhur manfaat dan kelezatannya. Walau memiliki ukuran yang kecil, buah ini mengandung 20 zat antioksidan. Salah satunya adalah kuersetin. Zat antioksidan ini bertugas untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh, supaya selalu sehat dan tak mudah mengalami gangguan penyakit.

Jeruk

Semua kelompok buah jeurk memiliki manfaat bagus bagi tubuh Anda. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup melimpah. Di samping itu, jeruk juga banyak mengandung flavonoid dalam setiap bulirnya. Vitamin C dan flavonoid merupakan dua antioksidan andalan dalam jeruk yang berperan untuk meningkatkan imunitas dan menghambat penyebaran virus ke dalam tubuh.

Nah, itu dia beberapa buah yang masuk dalam kelompok sumber antioksidan. Jadi, selamat menikmati ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait