Jeruk Nipis, si Kecil Kaya Manfaat untuk Kecantikan & Kesehatan

Jeruk nipis, si buah kecil yang ternyata kaya manfaat. Buah ini mengandung banyak vitamin C juga asam sitrat dengan rasa yang sangat asam. Jeruk nipis dikenal dengan manfaatnya sebagai bahan penyedap rasa untuk berbagai masakan. Tak hanya itu, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan juga tidak kalah banyaknya.

Dalam jeruk nipis, seperti yang telah diketahui banyak mengandung vitamin C. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin-vitamin lainnya seperti B1, B3, B6, vitamin A dan asam pantotenat, folat, dan kolin. Buah ini juga mengandung banyak mineral yang bermanfaat untuk tubuh, seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Semua kandungan ini baik untuk tubuh, sehingga tak heran banyak manfaat jeruk nipis untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Mengalami masalah pencernaan? Pasti membuat kegiatan sehari-hari jadi tidak nyaman. Perut terasa penuh, dan tentunya tidak sehat bila terus dibiarkan. Jeruk nipis bisa jadi solusinya. Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam jeruk nipis bisa menyelesaikan masalah pencernaan dan melancarkan buang air besar. Sekaligus juga bisa menjadi solusi untuk yang mengalami kelebihan berat badan, bisa mengonsumsi jeruk nipis secara teratur untuk membantu melangsingkan tubuh.

2. Menyembuhkan Sariawan dan Panas Dalam

Sariawan dan panas dalam bisa terjadi karena tubuh kurang vitamin C. Karena itu, salah satu manfaat jeruk nipis untuk kesehatan adalah menyembuhkan sariawan dan panas dalam, karena buah kecil satu ini mengandung banyak vitamin C. Memang pasti perih menggunakan jeruk nipis untuk mengobati sariawan, namun akan lebih cepat pula sembuhnya.

3. Mengobati Asam Urat

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan salah satunya adalah untuk mengobati asam urat. Hal ini karena dalam jeruk nipis mengandung banyak asam sitrat yang mampu melarutkan asam urat. Meminum perasan jeruk nipis secara teratur untuk mengatasi asam urat.

4. Mengatasi Batuk dan Sakit Tenggorokan

Batuk-batuk yang juga disertai sakit tenggorokan bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Disinilah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Campur perasan jeruk nipis dengan madu untuk mengatasi batuk-batuk sekaligus juga melegakan tenggorokan. Ramuan tradisional ini sudah dipercaya bertahun-tahun sebagai cara alami menyembuhkan batuk-batuk dan sakit tenggorokan.

5. Menghilangkan Jerawat

Selain manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, buah ini juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Salah satunya, menghilangkan jerawat. Oleskan perasan jeruk nipis di wajah, terutama pada jerawat yang tengah matang untuk membantu mengeringkannya. Bila dilakukan secara teratur, wajah pun akan bebas jerawat.

6. Mencerahkan Wajah

Jeruk nipis juga dapat mencerahkan wajah, karena kandungan vitamin C yang terkandung dalam buah ini. Untuk membantu mencerahkan wajah dengan jeruk nipis, gunakan buah ini sebagai masker. Lakukan 2 kali seminggu untuk kulit wajah lebih cerah dan segar.

Share artikel ini:

Artikel Terkait