Tips Maksimalkan Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Jeruk nipis telah lama dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Buah dengan nama latin Citrus aurantifolia ini mengandung banyak vitamin C, B dan A yang bermanfaat baik untuk kesehatan serta juga kecantikan, dan juga sesekali untuk penyedap makanan.

Memaksimalkan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, dapat dilakukan sendiri di rumah. Bisa direbus, atau sekedar diperas lalu diminum saja. Tak hanya buahnya, daun jeruk nipis juga mengandung manfaat untuk kesehatan. Simak tips maksimalkan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan berikut ini:

1. Campur Kecap untuk Obat Batuk

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan salah satunya adalah untuk meredakan batuk. Untuk batuk berdahak, bisa menggunakan campuran jeruk nipis dan kecap. Caranya, satu sendok kecap diminum bersama setengah perasan jeruk nipis. Bila dilakukan teratur sebanyak dua kali sehari, batuk berdahak pun akan lebih cepat reda.

2. Dengan Madu Agar Lebih Manis

Masih manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang populer, yaitu meredakan batuk. Terutama, batuk pada anak. Tapi seringkali rasa jeruk nipis yang terlalu asam membuat si kecil enggan meminumnya. Tak perlu khawatir, Ibu bisa mencampurkan satu sendok makan madu alami dengan setengah sendok perasan jeruk nipis untuk obat batuk anak. Madu memiliki anti bakteri yang ampuh mengusir virus penyebab batuk dan sakit tenggorokan, bahan yang tepat untuk dikombinasikan dengan jeruk nipis.

3. Campur Air Hangat untuk Pencernaan Lancar

Memiliki gangguan pencernaan? Mengatasinya adalah salah satu manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Caranya dengan mencampurkan satu sendok perasan jeruk nipis dengan segelas air hangat, lalu diminum setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Ramuan ini merangsang sistem pencernaan tubuh agar bekerja lebih aktif.

4. Rebus untuk Menyembuhkan Amandel

Vitamin C yang ada dalam jeruk nipis ampuh untuk menyembuhkan penyakit amandel. Bukan dengan perasan buahnya, melainkan kulit jeruk nipis tersebut. Ambil 3 buah jeruk nipis, kupas kulitnya lalu potong-potong dan rebus dengan dua gelas air. Setelah matang, saring lalu gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur. Lakukan 3 hari sekali agar amandel cepat sembuh.

5. Campur dengan Teh untuk Melangsingkan

Teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang mampu membantu melangsingkan tubuh. Dicampurkan dengan jeruk nipis, manfaatnya akan lebih terasa. Caranya, campurkan satu sendok perasan jeruk nipis ke teh hijau hangat, lalu minum setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Share artikel ini:

Artikel Terkait