Cap Cay, Hidangan Sehat untuk Mudah Dibuat untuk Keluarga

0a237a1750fc866b81de28316602ca04b947a571.jpeg

Masakan capcay sudah tidak asing lagi di lidah orang Indonesia. Masakan ini, ternyata berasal dari Tionghoa. Capcay disebut Cah Chai atau Za Cai dalam bahasa Mandarin. Dalam dialek Hokkien, cah chai berarti "macam-macam sayuran". Hal inilah yang membuat capcay unik, karena cara memasak capcay menggunakan banyak macam sayuran.

Jumlah sayuran yang digunakan untuk cara memasak capcay tidak tentu, namun banyak yang mengatakan bahwa capcay harus mengandung 10 macam sayuran. Ini karena banyak yang salah mengartikan "Cah Chai", nama asli capcay dalam bahasa hokkien sebagai sepuluh sayuran. Ini karena keturunan Tionghoa di Indonesia kebanyakan berasal dari provinsi Hokkian atau Suku Minnan, sehingga seringkali salah mengartikan Cah chai (macam-macam sayuran) menjadi Se Chai (sepuluh sayuran).

Cara memasak capcay adalah dengan menggunakan sayur-sayuran berikut ini, yaitu sawi putih, sawi hijau, wortel, jagung muda, jamur merang, jamur kuping, kol, kapri, buncis, bunga kol, brokoli, daun bawang, tomat, dan bawang bombay. Tak hanya sayuran, bisa juga memasukkan bahan lain untuk meningkatkan cita rasa capcay, seperti daging sapi, ayam, telur, hati, ampela, udang, bakso, dan cumi-cumi.

Melihat dari kandungan bahan-bahan yang digunakan untuk memasak capcay, hidangan ini nampak sehat dan bernutrisi tinggi. Manfaat baik capcay bisa didapatkan dari vitamin-vitamin yang ada dalam sayuran, serta protein dalam bahan-bahan daging atau seafood yang digunakan untuk menyempurnakan rasa capcay.

Capcay dapat diolah menjadi dua variasi hidangan, yaitu capcay kuah dan capcay goreng. Perbedaan cara memasak capcay ini dilihat dari jumlah air yang digunakan untuk memasaknya. Capcay kuah menggunakan lebih banyak air dan hasil akhirnya adalah kuah kental yang lezat.

Capcay cocok menjadi hidangan keluarga karena bisa dikonsumsi untuk banyak orang. Satu porsi capcay, biasanya dapat digunakan untuk hidangan 2-4 orang. Sudah lezat, bergizi, pastinya capcay bisa jadi salah satu hidangan favorit keluarga.