vote

3 Cara Tepat Mengatur Jadwal Makan

Selama menjaga berat badan, Ibu tidak hanya perlu mengontrol apa saja yang Ibu konsumsi, tetapi juga jadwal makan. Jadwal makan perlu diperhatikan untuk dapat mengetahui waktu yang tepat agar tidak mudah lapar.

  • Rate Artikel ini

Seberapa pedulikah Ibu terhadap jadwal makan untuk diet yang dilakukan sehari-hari? Selama menjaga berat badan, Ibu tidak hanya perlu mengontrol apa saja yang Ibu konsumsi, tetapi juga jadwal makan. Jadwal makan perlu diperhatikan untuk dapat mengetahui waktu yang tepat agar tidak mudah lapar serta mengetahui berapa jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh sehingga Ibu dapat mengontrol berat badan.

Menurut para ahli, dalam waktu satu hari, waktu makan umumnya terbagi atas tiga kali makan pokok dan dua kali makan selingan. Dalam jadwal makan untuk diet yang terbagi atas tiga waktu makan pokok terdapat beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan.

  1. Sarapan pagi

Menjaga berat badan agar tetap ideal dengan menghindari sarapan adalah cara yang salah. Menghindari sarapan dapat meningkatkan resiko berat badan mudah naik. Mengapa? Orang yang tidak sarapan cenderung memiliki rasa lapar yang berlebih pada saat makan siang daripada orang yang sarapan. Biasakanlah untuk mengonsumsi sarapan pagi karena sarapan dan makan siang sama pentingnya untuk orang yang ingin menjaga berat badannya. Yang perlu membedakan sarapan dengan makan siang adalah porsinya, yaitu sekitar 300-400 kalori dari kebutuhan harian 1500-1700 kalori. Dilansir dari Persagi (Persatuan Ahli Gizi), sarapan pagi terbaik dapat dilakukan dalam waktu dua jam setelah bangun tidur dan tidak melebihi pukul 10 pagi.

  1. Makan siang

Jadwal makan untuk diet selanjutnya yang perlu Ibu perhatikan ada pada waktu makan siang. Waktu ideal untuk mengonsumsi makan siang setidaknya perlu memiliki jeda empat jam dengan makan pagi setiap harinya. Oleh karena sarapan tidak disarankan dilakukan lebih dari  pukul 10, maka makan siang pun sebaiknya dilaksanakan tidak lebih dari pukul dua siang agar jedanya tidak terlalu lama. Porsinya pun dapat ditingkatkan dibandingkan dengan sarapan pagi karena puncak aktivitas kita umumnya berada di sekitar waktu makan siang.

  1. Makan malam

Menjaga porsi makan saat makan malam memang wajib dilakukan oleh Ibu selama ingin menjaga berat badan. Selain porsi yang lebih sedikit, pada malam hari jadwal makan untuk diet juga perlu diperhatikan. Agar makanan dapat dicerna dalam tubuh secara sempurna, waktu makan yang tepat yaitu sekitar tiga jam sebelum tidur. Hindari untuk makan terlalu malam karena karena dapat mengganggu kualitas tidur.  

  1. Makan selingan

Makan selingan dilakukan pada  pukul 10 pagi dan 3 sore. Pilihlah makanan selingan yang kaya akan serat seperti buah dan jus buah. 

Artikel Terkait

Terbaru