3 Jenis Yoga Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Apakah Ibu sedang berusaha untuk menurunkan berat badan? Banyak cara untuk mengatasi masalah berat badan berlebih dan mendapatkan berat badan serta tubuh ideal adalah dengan melakukan olahraga, salah satunya dengan berlatih yoga.

Siapa yang tidak tahu manfaat yoga? Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan membantu menenangkan pikiran, yoga juga efektif dalam membantu Ibu menurunkan berat badan. Namun tak semua yoga bisa dilakukan untuk tujuan tersebut. Ada tipe-tipenya sendiri yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Ibu. Di bawah ini adalah jenis yoga terbaik untuk membantu Ibu menurunkan berat badan.

 

Bikram Yoga

Yoga yang satu ini cukup populer karena dipercaya efektif dalam membakar kalori dan dapat menurunkan berat badan dengan signifikan. Berbeda dengan yoga pada umumnya, Bikram Yoga dilakukan selama 90 menit di dalam ruangan panas dengan suhu 30 – 420C. Suhu panas inilah yang akan mempercepat perubahan suhu dalam tubuh, memperbaiki sirkulasi darah, dan juga menghilangkan racun dalam tubuh.

Bikram yoga menerapkan gerakan yoga untuk menurunkan berat badan yang terdiri dari rentetan 26 postur dan 2 latihan pernapasan. Beragam gerakan yoga untuk menurunkan berat badan tersebut dirancang berdasarkan pendekatan ilmiah untuk menguatkan otot dan sendi. Bikram yoga juga bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh, menghilangkan rasa sakit pada tulang belakang, maupun memperbaiki anggota tubuh yang cedera.

Selama satu sesi melakukan bikram yoga, Ibu bisa membakar setidaknya 300-600 kalori. Agar lebih nyaman saat melakukan bikram yoga, sebaiknya gunakan pakaian tipis yang mudah menyerap keringat. Jangan lupa membawa handuk dan banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.

 

Vinyasa Yoga

Untuk Ibu yang bermasalah dengan kelebihan berat badan, jenis yoga ini paling cocok untuk dilakukan. Vinyasa Yoga didasarkan pada serangkaian pose yang disebut “salam matahari” (sun salutations). Vinyasa yoga akan memaksa Ibu untuk aktif melakukan berbagai gerakan sehingga efektif untuk membakar lemak berlebih pada tubuh. Tak main-main, menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, Vinyasa mampu membakar 7 kalori dalam setiap menitnya.

 

Ashtanga Yoga

Yoga yang satu ini juga dikenal ampuh sebagai penurun berat badan. Menurut Leigh Crews, American College of Sport Medicine Media Expert, Ashtanga dan Vinyasa Yoga adalah pilihan yang cerdas untuk menurunkan berat badan, karena mempraktikkan gerakan yoga yang bersemangat.

Ashtanga membutuhkan dedikasi tinggi, mengingat latihan yang cukup berat, karena mengkombinasikan gerakan yoga umum dengan beberapa gerakan atletis. Meningkatkan tingkat aktivitas fisik merupakan langkah yang paling tepat untuk menghilangkan berat badan. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait