4 Aktivitas Fisik Yang Membantu Menjaga Berat Ideal Wanita

Olahraga merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan program diet. Untuk mencapai berat ideal wanita, Ibu perlu menentukan jenis aktivitas fisik yang cocok dengan jadwal serta kepribadian Ibu. Apa sajakah jenis aktivitas fisik yang dapat dipilih untuk membantu menjaga berat ideal wanita?

  1. Bersepeda

Bersepeda dapat menjadi pilihan olahraga yang mudah untuk dilakukan dan dapat menjaga berat ideal wanita. Bersepeda juga merupakan latihan kardio yang baik dan mampu mengurangi nafsu makan. Selain itu, kegiatan ini juga kegiatan yang baik untuk persendian kaki.

  1. Berenang

Tidak ada sesuatu yang mudah untuk menjaga berat badan ideal wanita. Namun, apabila Ibu termasuk orang yang kurang menyukai kondisi tubuh yang penuh keringat, berenang dapat dijadikan pilihan aktivitas fisik yang baik.  Untuk gaya bebas, kupu-kupu atau gaya dada mampu membakar sebesar 350 kalori dalam waktu 30 menit. Sedangkan, jika Ibu melakukan gerakan renang lebih santai, kalori yang mampu dibakar adalah 200-250 kalori.

  1. Yoga

Yoga merupakan senam gerak badan dengan latihan pernapasan, pikiran, dan sebagainya untuk kesehatan rohani dan jasmani. Olahraga ini dapat dilakukan di rumah. Selain dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, olahraga ini dapat menguatkan otot, meningkatkan kelenturan tubuh serta membuat bentuk tubuh menjadi lebih indah dengan berat badan yang ideal. Rata-rata, olahraga yoga dalam waktu satu jam dapat membakar antara 175-298 kalori.

  1. Zumba

Selain menjaga berat badan, olahraga jenis ini banyak dimanfaatkan untuk mengecilkan lingkar pinggang, mengencangkan tubuh, serta mengilangkan lemak. Zumba sebagai salah satu olahraga yang menyerupai tarian juga dapat membakar 600 hingga 1000 kalori dalam satu kali waktu latihan. 

Jadi, manakah aktivitas fisik yang Ibu pilih? Sebenarnya, kunci utama dari menjaga berat ideal wanita adalah prosesnya karena hal tersebut bukan bersifat instan. Progam menjaga atau menurunkan berat badan pun perlu didukung dari berbagai hal agar dapat berhasil, misalnya pola makan yang diubah menjadi lebih sehat. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait