vote

4 Kesalahan Cara Mengatur Pola Makan Untuk Keluarga Yang Harus Dihindari

Kesehatan tidak dapat diperoleh secara instan, dengan demikian Ibu perlu menjaga kesehatan keluarga dari berbagai aspek. Salah satu yang perlu dijaga adalah pola makan. Agar Ibu mengetahui cara mengatur pola makan sehat dan tepat untuk keluarga, Sahabat Nestlé merangkum beberapa kesalahan yang perlu dihindari.

  • Rate Artikel ini

Bagi seorang Ibu, kesehatan keluarga merupakan segalanya. Oleh karena kesehatan tidak dapat diperoleh secara instan, Ibu perlu menjaga kesehatan keluarga dari berbagai aspek. Salah satu yang perlu dijaga adalah pola makan. Agar Ibu mengetahui cara mengatur pola makan sehat dan tepat untuk keluarga, Sahabat Nestlé merangkum beberapa kesalahan yang perlu dihindari.

  1. Hindari menjadikan harga sebagai patokan

Dalam Journal of Consumer Research, Kelly Haws, seorang profesor di Vanderbilt University dalam penelitiannya menyatakan bahwa mayoritas partisipan menilai bahwa makanan yang lebih mahal merupakan makanan yang lebih sehat. Padahal, harga bukanlah segalanya. Untuk mengetahui makanan sehat atau tidaknya, Ibu dapat melihat label makanan, mencari tahu bahan utamanya, serta mencari tahu lokasi dan cara pembuatannya.

  1. Hindari menyajikan karbohidrat terlalu berlebihan

Menyajikan kentang ditemani nasi ataupun mie sebagai lauk makan keluarga sebaiknya dihindari ya, Bu. Mie, nasi, dan kentang merupakan bahan makanan yang sama-sama tinggi kalori. Selain dapat memicu peningkatan berat badan, menyajikan menu-menu ini secara bersamaan juga dapat memicu penyakit tidak menular, seperti diabetes, kolesterol, dll di masa mendatang.

  1. Hindari konsumsi minyak berlebihan

Cara mengatur pola makan yang sehat bagi keluarga adalah tidak membiasakan hanya menyajikan lauk yang digoreng dengan nasi. Hindarilah terlalu sering memasak makanan yang digoreng atau diolah dengan menggunakan minyak yang berlebihan. Menumis dapat dijadikan solusi pengolahan yang baik untuk menggunakan sedikit minyak saat memasak.

  1. Hindari menjauhi makanan favorit

Orang dengan pola makan sehat tentunya wajib mengetahui apa yang baik dan apa yang tidak baik untuk pencernaannya. Apabila Ibu memiliki makanan favorit tertentu, cara mengatur pola makan yang tepat adalah dengan tidak menghindari konsumsi tersebut. Ibu tetap dapat mengonsumsi makanan apapun asalkan dalam porsi kecil dan tidak berlebihan. Dilansir dari health.com, terlalu ketat dalam mengatur pola makan juga tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan resiko makan berlebihan apabila tidak sanggup menjaga komitmen pola makan sehat. 

Artikel Terkait

Terbaru