4 Manfaat Permainan Memasak untuk Anak

Permainan masak-masakan memang identik dengan kegiatan yang biasa dilakukan anak perempuan. Permainan anak perempuan memasak biasanya senang dilakukan si Kecil setelah melihat Ibunya memasak di dapur. Yuk, dampingi anak bermain masak-masakan, karena ternyata banyak manfaat yang bisa didapat dari permainan ini. Apa saja manfaat bermain masak-masakan untuk anak? Simak berikut ini :

  1. Melatih Sistem Motorik Halus si Kecil

Saat Ibu memasak di dapur, ajak anak untuk ikut serta. Tapi, pastikan dulu semua benda-benda berbahaya jauh dari jangkauan anak. Kegiatan memasak seperti memotong-motong sayuran atau mengaduk adonan bisa mengasah kemampuan motorik halus si Kecil. Bila dilakukan sesering mungkin, karena permainan ini bisa membuat kemampuan motorik halusnya berkembang dengan cepat.

  1. Belajar Manfaat Sayuran

Permainan anak  seperti memasak ternyata bisa jadi salah satu cara untuk mengajarkan kepada si kecil pentingnya mengonsumsi sayuran dan cara memasak sayuran sehingga terasa lezat dan tidak pahit ketika dikonsumsi. Si Kecil juga jadi mengenal proses pembuatan makanan, dan membuatnya menghargai masakan yang Ibu buat di dapur untuk keluarga. 

  1. Mengenal Bentuk dan Warna

Ketika bermain masak-masakan, banyak peralatan yang digunakan seperti misalnya mangkok, piring, panci, dan lain sebagainya. Sambil bermain, Ibu bisa sekalian mengajarkan pada si Kecil bentuk-bentuk dari peralatan tersebut. Tak hanya itu, Ibu juga bisa mengenalkan bentuk-bentuk dan warna dari bahan masakan yang digunakan. Atau bila bermain masak-masakan menggunakan lilin mainan, bisa juga mengajak anak meniru bentuk makanan yang sebenarnya. Imajinasi si Kecil bisa terasah sekaligus belajar saat bermain masak-masakan.

  1. Mengajarkan Kemampuan Sosial dan Emosional

Dengan bermain masak-masakan, si Kecil akan mengenal proses bagaimana suatu makanan menjadi masakan yang dihidangkan Ibu di meja makan. Si Kecil jadi akan lebih menghargai proses dan kerja keras Ibu dalam menyiapkan makanan. Selain itu, dengan bermain masak-masakan Ibu bisa mengasah hobi si Kecil. Siapa tahu ketika ia sudah lebih besar nanti akan jadi senang membantu Ibu di dapur untuk menyiapkan makanan bagi keluarga.

Share artikel ini:

Artikel Terkait