5 Gerakan Yoga untuk Menjaga Kelenturan Tubuh

Agar tubuh bugar dan tidak gampang sakit serta cedera, otot-otot tubuh harus kuat dan lentur. Salah satu cara melenturkan tubuh adalah dengan rutin melakukan olahraga yoga.

Olahraga yoga memang memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, dan merupakan olahraga yang mudah dilakukan pula. Rutin melakukan olahraga yoga tak hanya bisa membuat tubuh lebih bugar dan lentur, tapi juga melancarkan peredaran darah, dan mengurangi stress. Setelah melakukan yoga, biasanya tubuh dan otak akan terasa lebih rileks dan lebih semangat untuk melakukan kegiatan lainnya.

Apa saja gerakan yoga yang bisa melatih otot-otot tubuh menjadi lebih lentur? Berikut ulasannya:

Tree Pose

Olahraga yoga bisa dimulai dengan gerakan satu ini. Caranya, berdiri di atas matras, kedua kaki rapat. Lalu angkat kaki kanan dan tekuk hingga telapak kaki kanan menempel di bagian dalam paha kiri. Angkat kedua tangan, lalu tangkupkan di atas kepala. Tahan posisi ini selama 15 detik sambil mengatur napas. Posisi ini bermanfaat untuk mengatur keseimbangan tubuh dan menguatkan otot-otot di kaki.

Standing Yoga Pose

Selanjutnya, masih berdiri di atas matras, lakukan standing yoga pose. Berdiri dengan kedua kaki rapat, lalu buka kaki secukupnya. Angkat kaki kanan ke atas membentuk sudut 45 derajat, lalu gunakan tangan kanan untuk memegangnya. Tangan kiri dijulurkan lurus ke depan, dan tahan posisi ini selama 15 detik. Lakukan bergantian dengan kaki yang satunya lagi. Gerakan ini bisa membantu otot-otot bahu, perut, dada dan pinggul menjadi lebih lentur.

Downward Facing Dog

Melalukan gerakan olahraga yoga yang satu ini, berbaringlah tengkurap di atas matras. Lalu, lebarkan kaki hingga sejajar dengan bahu, begitu juga dengan kedua tangan. Perlahan, angkat panggul ke atas, hingga tubuh membentuk posisi busur. Tahan gerakan ini selama 15-60 detik sambil mengatur pernapasan. Gerakan ini sangat berguna untuk melatih otot-otot bahu, lengan, perut dan tulang belakang.

Back Pain Pose

Awali gerakan ini dengan tidur telentang di atas matras, lalu lebarkan kedua kaki hingga sejajar dengan bahu. Tekuk kedua kaki, kemudian perlahan angkat panggul dan punggung. Tahan tubuh dengan kedua tangan menghadap lantai di samping tubuh. Tahan posisi ini selama 15 detik, lalu kembali ke posisi semula dan ulangi lagi. Gerakan ini dapat melatih kelenturan otot panggul dan punggung, juga membentuk postur menjadi lebih baik.

Child's Pose

Akhiri olahraga yoga dengan posisi ini. Caranya, ambil posisi duduk bersimpuh sambil mencondongkan badan ke depan hingga kepala dan paha menyentuh lantai. Julurkan kedua tangan ke depan dan tahan posisi ini selama beberapa detik. Gerakan ini membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks setelah melakukan pose-pose yoga sebelumnya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait