5 Kiat Hindari Anak Susah Tidur Malam

Anak yang cerdas dan aktif adalah anak yang mendapat asupan gizi tinggi serta istirahat yang cukup. Pola tidur malam yang teratur penting bagi anak-anak karena kecerdasan otaknya berkembang optimal ketika si kecil sedang tidur. Anak susah tidur malam cenderung lebih lambat perkembangannya daripada anak-anak yang memiliki waktu tidur cukup.

Penelitian dari University of London (2014) menyatakan bahwa untuk menghindari anak susah tidur malam, perlu dilakukan rutinitas yang teratur agar pola kesehariannya tertata. Anak yang tidurnya teratur, merefleksikan kehidupan sehari-harinya yang juga teratur dan bisa meningkatkan kemampuan sosial dan kognitifnya.

Agar anak mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, ada kiat-kiatnya. Simak berikut ini:

Jadwal Tidur Teratur

Untuk menghindari anak susah tidur malam, buatlah jadwal tidur yang teratur untuknya. Misalnya pada siang hari pukul berapa ia tidur siang dan begitu juga untuk tidur malam. Rutinitas yang konsisten membantunya terbiasa untuk tidur malam.

Buat Rutinitas yang Menyenangkan

Agar anak mau cepat tidur, buatlah rutinitas tidur yang menyenangkan untuknya. Bisa dimulai dengan menyikat gigi bersama Ayah dan Ibu, lalu dilanjutkan dengan mencuci tangan dan kaki. Sebelum tidur, bacakan cerita pengantar tidur untuk membuat si kecil lebih rileks. Tutup dengan lagu yang lembut dan matikan lampu. Lakukan kebiasaan ini sehingga tidak lagi anak susah tidur malam.

Kamar yang Nyaman

Anak susah tidur malam biasanya karena lingkungan sekitarnya tidak mendukung untuknya lelap lebih cepat. Pastikan kamar anak nyaman agar ia bisa tidur dengan nyaman. Kamar anak-anak sebaiknya diwarnai dengan warna-warna lembut agar matanya bisa beristirahat. Lampu kamar sebaiknya tidak terlalu terang untuk membantunya beristirahat. Pastikan tempat tidurnya hangat dan seprai yang digunakan tidak kotor dan bau. Pakaikan piyama yang nyaman dan lembut untuk tidur yang lebih berkualitas.

Asupan Bergizi Sebelum Tidur

Kadangkala anak susah tidur malam karena ia lapar. Anak-anak memang membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak daripada orang dewasa. Sebelum tidur, cukupkan asupan makanan anak dengan makanan yang bergizi dan lengkapi dengan susu. Bila anak masih lapar, berikan camilan yang sehat.

Matikan Lampu dan Alat Elektronik

Nyala lampu dan alat-alat elektronik seperti televisi dan komputer bisa membuat anak susah tidur malam. Matanya terganggu oleh nyala lampu dan alat-alat elektronik tersebut. Matikan lampu atau nyalakan lampu yang lebih temaram di waktu tidur, serta pastikan semua gadget dan alat-alat elektronik di kamarnya tidak menyala saat ia tidur.

Share artikel ini:

Artikel Terkait