@shutterstock

5 Manfaat Hidup Sehat

Seolah sudah menjadi tren bagi setiap orang, hidup sehat kini menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Mulai dari sebatas coba-coba hingga benar-benar melakukannya. Tak sedikit pula yang  pergi ke dokter untuk berkonsultasi tentang bagaimana menjalankan hidup sehat yang benar. Selain sudah menjadi gaya hidup zaman sekarang, memang hidup sehat juga memberikan banyak manfaat.  

Apa saja?

Mengontrol berat badan
American Dietetic Association (ADA) mengatakan manfaat yang dapat diperoleh dengan menerapkan gaya hidup sehat di antaranya dapat membuat berat badan lebih terjaga. Makanan yang dikontrol dan tidak sembarangan yang dimakan dapat menghindari asupan lemak, kolesterol dan gula yang berlebihan. Belum lagi, olahraga teratur dan tidur yang cukup kian membantu kelancaran metabolisme tubuh dan membuat penyerapan gizi lebih maksimal.

Meningkatkan mood
Manfaat kedua dari hidup sehat adalah membantu meningkatkan mood atau suasana hati senantiasa baik. Hasil studi yang dilansir dalam American Journal of Health Behavior menyatakan gaya hidup sehat yang merupakan gabungan dari pengaturan makan yang lebih sehat, olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup, dapat membuat otak dan tubuh lebih sehat. Dampak baiknya, proses berpikir lebih lancar  dan suasana hati lebih gembira.

Mencegah penyakit berbahaya
Pola hidup sehat yang benar juga dapat  menghindarkan  Anda dari risiko terjangkit beragam penyakit berbahaya. Tim Kesehatan dari Mayo Clinic menjelaskan konsumsi makanan yang tepat akan membuat metabolisme dalam tubuh berjalan lebih maksimal. Tubuh akan menerima asupan gizi secara merata, sehingga masing-masing dapat bekerja dengan baik. Hasilnya, tubuh lebih sehat dan tak mudah mengalami beragam penyakit berbahaya.

Mendongkrak energi
Aturan makan yang tepat dan sehat akan membantu peningkatan produksi energi yang ada dalam tubuh. Jika hal tersebut diimbangi dengan olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup dapat membantu memaksimalkan proses metabolisme dalam tubuh secara lebih optimal. Tubuh pun akan memiliki pasokan energi yang cukup untuk melangsungkan aktivitas sehari-hari. Demikian yang disampaikan oleh tim kesehatan dari Mayo Clinic.

Memperpanjang usia
Manfaat yang terakhir dari gaya hidup sehat ini dapat diketahui dari tingginya angka harapan hidup. American Council melakukan studi selama delapan tahun. Studi ini melibatkan 13.000 orang yang mana berhasil membuktikan bahwa orang yang rutin melakukan jalan kaki setiap 30 menit dapat memperpanjang kesempatan mereka untuk hidup lebih lama. Jika hal itu diimbangi dengan kebiasaan makan yang sehat dan istirahat yang cukup, proses regenerasi dan metabolisme sel menjadi lebih optimal. Tubuh pun lebih sehat dan tak mudah jatuh sakit.

Itulah lima  manfaat yang dapat diperoleh dari hidup sehat. Jadi, langsung diaplikasikan ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait