6 Tips Liburan Keluarga 3 Generasi

Liburan keluarga yang melibatkan 3 generasi, yaitu anak, orang tua, kakek nenek, tentu akan membuat liburan jadi lebih berkesan. Selain itu, ada manfaat dari liburan keluarga bersama kakek nenek yang mungkin tidak terpikirkan oleh ibu sebelumnya, seperti beberapa contoh berikut ini:

  • Mempererat hubungan dan komunikasi dengan keluarga yang lebih besar (kakek dan nenek).
  • Quality time bersama kakek dan nenek.
  • Orang tua memiliki waktu ‘me time’ sejenak saat anak-anak diawasi kakek dan nenek.
  • Biasanya nenek senang menyiapkan makanan dan camilan sendiri untuk dijadikan bekal.
  • Anak-anak bisa semakin dekat dengan kakek neneknya.

Tentunya, agar liburan keluarga ini berjalan lancar, ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti berikut ini:

  1. Nikmati waktu di pagi hari bersama-sama, untuk sekadar sarapan atau mengobrol dengan seluruh anggota keluarga yang pergi berlibur Bersama, sebelum disibukkan dengan berbagai aktivitas liburan keluarga.
  2. Luangkan waktu bagi kakek dan nenek untuk beristirahat di siang hari agar tidak kelelahan. Hal yang sama juga berlaku untuk si Kecil.
  3. Dorong si Kecil melakukan aktivitas bersama kakek dan nenek. Cukup aktivitas yang sederhana saja kok, Bu. Misalnya bermain board game, mengobrol setelah sibuk beraktivitas liburan seharian atau membiarkan kakek nenek menonton si Kecil bermain air di kolam renang.
  4. Sisipkan aktivitas yang sesuai untuk kakek dan nenek juga, ya. Pilih pula aktivitas yang sesuai dengan usia dan kegemaran mereka dan mendorong si Kecil untuk menemani atau ikut bersama kakek nenek agar belajar hal baru.
  5. Sesuaikan jadwal kegiatan agar tak terlalu padat sehingga baik kakek, nenek maupun si Kecil tidak kelelahan. Jangan paksakan melakukan banyak kegiatan dengan alasan ‘mumpung ada di sini’ sehingga kakek, nenek dan si Kecil malah kelelahan atau bahkan terganggu kesehatannya.
  6. Luangkan waktu untuk bersantai. Liburan keluarga tidak selalu harus diisi dengan jalan-jalan kok, Bu. Bersantai di hotel atau vila tempat menginap saja bisa jadi pilihan kegiatan yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Si Kecil dapat menikmati fasilitas hotel seperti kolam renang, taman bermain atau kids club, sementara itu kakek dan nenek bisa bersantai menikmati kamar hotel atau menemani cucunya beraktifitas. Ayah dan Ibu juga dapat menikmati fasilitas lain atau ikut beraktivitas bersama si Kecil.

Share artikel ini:

Artikel Terkait