©shutterstock

8 Kebaikan Tidur Malam Hari

Tidur adalah aktivitas alamiah manusia selain makan dan minum. Waktu tidur ideal yang diperlukan pada malam hari adalah 6-8 jam. Bagi Anda yang tidur kurang dari enam jam setiap malam, perlu berpikir ulang untuk tidur lebih lama ya. Karena, Anda akan melewatkan kebaikan tidur malam berikut ini.

Meningkatkan sistem imun tubuh
Tidur yang cukup akan membuat sistem imun lebih kuat, karena saat tidur tubuh tidak hanya beristirahat tapi juga membiarkan sistem imun bekerja lebih efektif. Jika tidak ingin mudah tertular flu, mulailah tidur dengan cukup ya.

Meningkatkan daya ingat
Saat tidur terjadilah proses konsolidasi memori, yaitu proses memperkuat ingatan dan ketrampilan sekaligus. Misalnya saja, Anda sedang belajar bermain golf, maka saat tidur otak bekerja untuk merekam langkah-langkah bermain golf yang telah dipelajari.  

Meningkatkan mood
Tidur berperan sebagai pengolahan emosi, dimana Anda akan merasa lebih rileks dan tenang. Berbeda dengan orang yang kurang tidur lebih berpotensi mengalami kecemasan dan depresi.

Mencerdaskan otak
Ketika tidur, otak melakukan proses regeneratif untuk lebih memaksimalkan kinerja otak. Itulah sebabnya, anak yang tidur dengan cukup lebih cerdas daripada anak yang kurang tidur.

Membantu pertumbuhan tubuh
Saat Anda tidur, tubuh memproduksi hormon pertumbuhan yang berfungsi untuk membangun jaringan baru pada anak. Sedangkan bagi orang dewasa, hormon ini bekerja untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

Menormalkan kadar gula darah
American Diabetes Association telah menekankan pentingnya tidur untuk mencegah dan mengobati diabetes. Pasalnya, kurang tidur menyebabkan resistensi insulin meningkat dan menyebabkan kadar gula darah naik.

Menurunkan berat badan
Jika Anda ingin mengurangi berat badan, tidurlah selama tujuh hingga delapan jam setiap malamnya. Karena, kurang tidur menyebabkan hormon ghrelin, hormon nafsu makan meningkat produksinya dan menekan produksi leptin, hormon penekan selera makan.

Hidup lebih lama
Seseorang yang tidur kurang dari tujuh jam dalam semalam rentan untuk memiliki hidup lebih pendek. Pasalnya, kurang tidur dapat meningkatkan risiko tekanan darah meningkat, stroke dan serangan jantung.

Hal penting yang harus Anda ingat adalah, buatlah tidur sebagai prioritas utama. Jadi, tunggu apalagi, matikan televisi dan mulailah tidur lebih awal. Selamat menjemput hidup lebih sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait