Kupas Tuntas Manfaat Buah Pepaya

Buah pepaya (Carica papaya L.) mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya buahnya, daun hingga akar tanaman ini dipercaya mampu mencegah beragam penyakit. Yuk kita mengenal manfaat buah pepaya sebagai makanan sehat lebih dekat.

Meskipun pepaya berasal dari negara subtropis, yaitu Meksiko dan Amerika Selatan, tanaman ini bisa tumbuh subur dan berbuah dengan baik di Indonesia. Buah pepaya merupakan buah tanpa musim yang dapat berbuah sepanjang tahun. Harganya juga murah dan mudah didapat.

Banyak orang memandang buah pepaya sebelah mata. Mereka mengira buah pepaya yang murah tidak memiliki nutrisi yang tinggi. Padahal dibandingkan dengan buah lain seperti, apel, kandungan vitamin C pepaya jauh lebih tinggi. Di dalam 100 gram buah apel hanya terkandung 5 miligram vitamin C, sedangkan pepaya mengandung 78 mg.

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Buah dan sayuran merupakan makanan sehat lantaran memiliki sumber serat yang baik. Termasuk buah pepaya. Di dalam 100 gram buah pepaya, terkandung sekitar 1,8 gram serat. Meskipun tidak bisa dicerna, kehadiran serat sangat diperlukan. Kita sering mendengar nasehat agar makan buah pepaya ketika sedang susah buang air besar. Nasehat ini memang benar. Sebab, pepaya kaya akan serat. Dengan adanya serat, konsentrasi tinja menjadi lebih besar dan lunak sehingga mudah dikeluarkan dari tubuh.

Serat juga dapat mencegah kanker pada saluran pencernaan seperti kanker usus besar. Hal ini disebabkan karena serat dapat mengikat zat-zat karsinogen di dalam saluran pencernaan dan mengeluarkanya dari dalam tubuh. Serat juga terbukti bermanfaat untuk mencegah penyerapan kolesterol. Karena itu pepaya sangat baik bagi penderita kolesterol tinggi atau mereka yang berisiko terhadap serangan jantung. Bagi Ibu yang sedang menjalani diet rendah kalori, mengkonsumsi pepaya sangat disarankan. Kandungan serat pepaya memerlukan proses pencernaan yang lama sehingga tubuh akan merasa kenyang.

Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi pepaya sangat disarankan. Serat di dalam pepaya dapat mencegah peningkatan kadar gula darah. Buah pepaya juga mengandung gula buah (fruktosa). Gula ini dicerna perlahan oleh tubuh dan aman bagi penderita diabetes.

Mengempukkan Daging dan Cegah Cacingan

Dari sisi nutrisi, pepaya merupakan gudangnya vitamin dan mineral dari mulai kalsium, fosfor, zat besi, natrium, vitamin A, dan vitamin C. Meskipun dalam jumlah kecil, pepaya juga mengandung protein dan karbohidrat.

Beragam kandungan vitamin dan mineral di dalam pepaya membuat buah ini sangat istimewa. Penelitian yang dilakukan oleh Center for Science in the Publict Interest (CSPI) di Washington, menyebutkan bahwa buah pepaya ditetapkan sebagai buah paling menyehatkan karena keragaman nutrisi yang terkandung. Dan, buah pepaya matang memiliki kandungan nutrisi lebih lengkap dibandingkan buah pepaya mentah. Salah satu zat gizi yang meningkat ketika buah pepaya matang adalah beta-karoten (provitamin A). Beta-karoten memiliki manfaat yang ampuh untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker dan penuaan dini.

Dengan rajin mengkonsumsi pepaya, tubuh juga akan semakin bugar karena pepaya juga gudangnya vitamin C. Di dalam tubuh, vitamin C berperan untuk menjaga dan memelihara serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Bukan buahnya saja yang memiliki segudang manfaat sebagai makanan sehat. Biji, akar dan daun pepaya memiliki khasiat. Biji dan akar pepaya misalnya, dapat direbus dan diminum airnya untuk mengobati penyakit cacing kremi dan kencing batu. Daun pepaya yang pahit, memiliki manfaat yang berbeda. Rebusan air daun pepaya, dipercaya dapat menyembuhkan penyakit malaria serta menurunkan demam.

Bagi Ibu yang suka mengolah daging, getah dari daun dan buah pepaya yang mengandung enzim papain dapat dimanfaatkan sebagai pengempuk daging (meat tenderizer). Caranya, bungkus potongan daging dengan daun pepaya yang dimemarkan atau mencampur potongan daging dengan potongan buah pepaya muda. Diamkan 1 jam dan daging empuk siap diolah sesuai kebutuhan resep.

Sebagian orang enggan mengkonsumsi buah pepaya karena alasan aromanya yang kurang enak. Aroma langu buah pepaya bisa dihilangkan dengan cara menambahkan air pearasan jeruk nipis. Dengan cara ini, buah pepaya akan terasa lebih segar, baik rasa maupun aromanya. Selamat mencoba!

Share artikel ini:

Artikel Terkait