@shutterstock

Manfaat Luar Biasa Gaya Hidup Sehat

Sering kali, kesibukan membuat orang mengesampingkan kesehatan. Berbagai hidangan cepat saji dan panganan instan kerap jadi pilihan untuk mengisi perut yang lapar. Olahraga sederhana seperti renang, bersepeda, jogging, atau sekedar jalan santai pun sulit jadi agenda rutin. Sayang sekali, padahal gaya hidup sehat memberikan efek positif jangka panjang.

Apa saja efek jangka panjangnya? Berikut penjelasan sekaligus tips kesehatan dari pegiat kesehatan, Karen Curinga seperti dilansir situs livestrong.

Menghadang penyakit kronis
Makanan cepat saji (fast food) dan minuman ringan (soft drink) tak banyak menyumbang nutrisi bagi tubuh. Gantilah dengan pola makan yang lebih sehat dengan memakan ikan laut dan memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan. Memang panganan itu tidak segurih junk food, tapi nutrisi dalam makanan sehat ini dapat menghindarkan tubuh dari risiko penyakit kronis, seperti serangan jantung.

Meningkatkan energi
Berbeda dengan junk food dan soft drink yang hanya menyumbangkan lemak tak sehat dan gula tinggi, sandwich gandum dengan irisan salmon panggang dan sayur lengkap bisa menyumbangkan pasokan energi yang tahan lama. Demikian juga dengan segelas smoothie buah yang kaya serat, vitamin dan antioksidan. Hidangan ini dapat membantu aktivitas Anda dan keluarga menjadi lebih lancar sepanjang hari.

Mengontrol berat badan
Selain dengan makanan, gaya hidup sehat juga bisa dicapai dengan olahraga teratur. Aktivitas fisik ini dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh menjadi lebih optimal. Makanan yang dicerna akan diproses menjadi energi dan bisa digunakan untuk beraktivitas seharian. Hasilnya, tak ada lemak yang tertimbun dan berat badan pun senantiasa ideal.

Lamanya waktu berolahraga tak perlu berlebihan. Dalam hasil riset yang diterbitkan jurnal Scandinavian Journal of Public Health, latihan rutin 30 menit sehari mengurangi berat badan tiga kali lebih banyak. Hasil ini lebih banyak dibandingkan latihan yang rutin dilakukan satu jam sehari. Latihan yang terlalu lama justru membuat orang kelelahan dan hasilnya mereka malas olahraga rutin dan tidak menjalankan kebiasaan hidup sehat.

Menurut peneliti Dr Astrid Jespersen, para responden yang berolahraga 30 menit mengakui mengalami peningkatan energi. Energi ini memotivasi mereka untuk rutin latihan dan menjalani gaya hidup sehat setiap hari.

Menjaga kesehatan otak
Membiasakan hidup sehat akan membuat otak lebih sehat dan maksimal saat digunakan untuk bekerja. Terapkan pola hidup sehat setiap hari, agar Anda tak mudah penat, lemas dan malas saat beraktivitas. Pikiran juga menjadi lebih tenang dan tak mudah stres.

Jadi, masih ragu untuk menjalani hidup sehat dari sekarang?

Share artikel ini:

Artikel Terkait