Agar Mendapat Manfaat Maksimal dari Makanan yang Kita Santap

 

Sadarkah Anda jika hidangan yang disantap belum tentu memberi dampak maksimal bagi tubuh? Beberapa faktor yang jadi penyebab sering kali kita abaikan dan tanpa sadar mengakibatkan hilangnya kebaikan nutrisi dari bahan-bahan makanan yang kita santap.

Kita makan secara rutin bukan karena kebutuhan jasmani saja tapi untuk kebaikan, kesehatan dan umur yang panjang. Pendeknya, makan harus baik dan benar agar tidak sakit. Hanya saja, sebelum sampai ke tujuan ini; ada beberapa poin yang harus diingat sebagai panduan yang kebanyakan berhubungan dengan cara hidup kita (lifestyle). Yuk, kita perhatikan bersama.

Alkohol

Minuman mengandung alkohol tidak mengandung nutrisi. Minuman jenis ini rendah vitamin atau mineral; tapi memberi tenaga.  Konsumsi alkohol sebaiknya dibatasi, karena dapat menjadi salah satu pemicu bertambahnya berat badan. Ini karena alkohol menambah energi (29kJ per gram) dan menghambat penggunaan karbohidrat dan lemak sebagai bahan bakar. Lalu, terjadilah penimbunan dan ini jelas tidak sehat. Jika ada yang berpendapat tentang anggur (wine) yang memberi kebaikan untuk jantung; ini masih jadi isu kontroversial yang masih diperdebatkan.

Merokok

Yang ini sudah jelas tidak sehat. Selain mengurangi anggaran belanja rumah tangga,  mereka yang menjadi perokok pasif di dalam keluarga juga dirugikan. Kalsium atau zat kapur akan terbuang percuma dalam diri perokok, juga vitamin C dan banyak mineral lain. Pendeknya, segala kebaikan yang didapat dari makanan menjadi sia-sia dan hanya sedikit yang tersisa untuk kesehatan.

Kafein

Siapa yang tidak tergoda akan aroma kopi hangat, minum kopi pun bisa jadi kegiatan rutin penambah semangat. Selama dikonsumsi dalam porsi wajar, kopi (juga teh) yang mengandung kafein tidak akan merugikan kesehatan. Pastikan untuk minum air putih minimal 2 liter sehari di luar dari jumlah kopi yang diminum.

Mengonsumsi melewati porsi

Hidangan apapun jika dikonsumsi secara berlebihan  akan ada kerugiannya. Kecenderungan untuk menambahkan banyak garam dalam hidangan karena selera akan hidangan gurih atau lebih memilih menyantap hidangan yang mengandung terlalu banyak gula juga tidak baik pengaruhnya. Porsi makan yang berlebihan pun akan mengurangi manfaat makanan yang kita santap.

Sedari muda sebaiknya kita sudah memulai cara hidup sehat. Mirip dengan menabung, ketika tua nanti ‘investasi’ yang kita lakukan ini dapat menikmati ‘bunga’ berupa umur panjang dan kesehatan yang baik.

Sesehat apapun makanan yang kita santap, tentu itu tidak cukup jika tidak disertai dengan gaya hidup yang juga sehat. Yuk senantiasa hidup sehat, karena kesehatan diri dan keluarga ada di tangan kita.

Sumber: Commonsense Healthy Cooking

Share artikel ini:

Artikel Terkait