vote

Akibat Kurang Serat, 4 Hal Ini Bisa Terjadi Pada Tubuhmu

Konsumsi serat cukup akan membantu sistem pencernaan untuk membuat rasa kenyang lebih lama. Jika usai makan masih terasa lapar dan ingin ngemil, itu pertanda menu makanan yang baru saja Ibu makan tak berserat cukup. Cara mengatasi rasa lapar, sebaiknya Ibu konsumsi makanan berserat seperti sayur, buah dan kacang-kacangan.

  • Rate Artikel ini

Sistem pencernaan sangatlah penting perannya dalam tubuh manusia. Sehingga Ibu wajib menjaga kesehatan sistem pencernaan tersebut dengan memperhatikan menu makanan sehat sehari-hari, misalnya perbanyak menu sayuran, buah-buahan, biji-bijian, hingga kacang-kacangan. Semua jenis makanan tersebut selain memiliki kandungan vitamin, mineral dan lainnya juga kaya akan  serat. Dengan demikian, Ibu dapat terhindar dari kemungkinan buruk akibat kurang serat.

Serat memang sangat diperlukan tubuh dalam sistem pencernaan. Lantas apa yang akan terjadi saat tubuh tak dapatkan konsumsi serat cukup? Ibu wajib tahu dampaknya sebagai berikut.

  1. Mudah lapar

Hal yang sering tak disadari sebagai akibat kurang serat adalah cepat merasa lapar. Dilansir dari Fat-loss Not Weight-loss; Gemuk tapi Ramping oleh  dr. Phaidon L. Toruan, MM, konsumsi serat cukup akan membantu sistem pencernaan untuk membuat rasa kenyang lebih lama. Jika usai makan masih terasa lapar dan ingin ngemil, itu pertanda menu makanan yang baru saja Ibu makan tak berserat cukup. Cara mengatasi rasa lapar, sebaiknya Ibu konsumsi makanan berserat seperti sayur, buah dan kacang-kacangan.

  1. Kembung dan Sembelit

Masalah yang sering kali timbul karena kurang serat adalah sembelit. Tapi akibat kurang serat yang satu ini sering tak dirasa dan diabaikan begitu saja. Tak hanya semelit, perut kembung bisa jadi efek kurang serat. Agar terhindar dari keduanya, Ibu perlu biasakan konsumsi makanan berserat dan minum air putih yang cukup.

  1. Kadar kolesterol naik

Berdasarkan pemaparan seorang professor dari Harvard T.H Chan School of Public Health, Edward Giovanucci, M.D, serat mampu meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Sehingga konsumsi serat cukup akan membantu meningkatkan kadar HDL dalam tubuh dan menurunkan LDL alias kolesterol jahat yang memicu resiko penyakit jantung.

  1. Gula darah cepat meningkat

Peningkatan gula darah bisa dipicu oleh kurangnya serat. Dilansir dari buku Fat-loss Not Weight-loss for Diabetes: Sakit Tapi Sehat oleh dr. Phaidon L. Toruan, MM , Makanan minim serat dan banyak mengandung gula hanya akan membuat gula darah meningkat drastis. Serat larut bisa membantu memperlambat penyerapan gula dalam makanan yang Ibu konsumsi. Sehingga kadar gula darah tetap normal.

Kebutuhan serat dalam kehidupan sehari-hari nyatanya memang tidak dapat disepelekan ya, Bu. Yuk hindari kondisi tubuh kurang serat!

Artikel Terkait

Terbaru