Apa yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melahirkan

2bef8e35deaf462ad9958cda2bee273250c5d3b8.png

Tibalah saat yang ditunggu-tunggu Ibu setelah sembilan bulan, yaitu melahirkan. Tentu tak sabar menggendong bayi kelak. Sebelumnya, tentu ada persiapan melahirkan normal yang perlu dilakukan. Persiapan melahirkan normal penting untuk dilakukan sejak dini, karena mendekati saat persalinan dilakukan pasti jadwal Ibu semakin padat dan menegangkan.

Jika kandungan Ibu sudah memasuki minggu ke-32, jangan lupa menyiapkan tas yang berisi perlengkapan Ibu dan bayi sebelum melahirkan. Buatlah daftar barang-barang yang harus dibawa kemudian masukkan dalam satu tas yang tinggal dibawa saat hari persalinan. Berikut adalah beberapa barang yang harus dibawa sebagai salah satu langkah persiapan melahirkan normal yang bisa segera Ibu lakukan :

1.Keperluan Bayi

Untuk menyambut kelahiran si kecil, Ibu pastinya telah mempersiapkan macam-macam keperluannya. Sebelum pergi ke rumah sakit, persiapkan popok, selimut, bedongan, topi, sarung tangan, serta sarung kaki bayi. Jumlah pakaian bayi yang dibawa pun juga jangan terlalu sedikit ya, Bu.

2.Perlengkapan mandi

Persiapan melahirkan normal lainnya yang tak kalah penting adalah perlengkapan mandi. Tidak hanya shampoo dan sabun, membawa body lotion serta lipbalm diperlukan guna mengatasi kulit Ibu yang kering saat di rumah sakit. Ibu pun dapat membawa sandal jepit untuk dipakai saat pergi ke kamar mandi.

3.Keperluan Ibu

Melahirkan secara normal bisa jadi proses yang panjang dan melelahkan. Ibu tentunya tidak ingin mengalami kerepotan jika ada barang keperluan Ibu yang tertinggal, bukan? Yuk mulai masukkan barang –barang bermanfaat ini di dalam tas persiapan milik Ibu, seperti sarung, baju berkancing depan untuk menyusui, bra menyusui, dan pembalut pasca melahirkan. Sebagai tambahan, Ibu juga dapat membawa camilan, ekstra tas untuk berjaga-jaga, kaos kaki jika Ibu merasa kedinginan serta dokumen yang dibutuhkan pada saat Ibu berada di rumah sakit.