@shutterstock

Awali Hidup Sehat dengan Secangkir Kopi

Dinginnya udara pagi kadang membuat tubuh lebih malas untuk meninggalkan kamar tidur. Apalagi jika mata masih terasa kantuk dan tak ingin melepaskan selimut. Momen seperti ini paling tepat untuk menikmati secangkir kopi panas. Aromanya yang harum dan rasanya yang khas membuat semangat pagi lebih bergairah. Dalam jumlah yang tepat, kopi memang dapat membuat tubuh lebih bugar.

Secara lebih lengkap, Robert Davis yang merupakan praktisi kesehatan dari Emory University’s Rollins School of Public Health menjabarkan manfaat kopi berikut ini.

Mencegah depresi
Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari minum kopi adalah menghalangi terjadinya depresi. Menurut Robert Davis, orang yang minum dua sampai tiga cangkir kopi dalam sehari memiliki rasio 15 persen lebih rendah untuk mengalami depresi. Sedangkan orang yang minum empat cangkir kopi per hari dapat mengurangi risiko depresi hingga 20 persen. Informasi ini juga dimuat dalam Archives of Internal Medicine pada tahun 2011.

Meningkatkan memori
Selain dapat mencegah depresi, kopi ternyata juga memiliki manfaat untuk meningkatkan memori. Hal ini diperkuat dari hasil studi yang sudah dipublikasikan di Radiological Society of North America, yang menjelaskan bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi sehari dapat meningkatkan memori dalam reaksi jangka pendek. Bahkan, para peneliti dari University of South Florida pada tahun 2011 menambahkan konsumsi kopi 4-5 cangkir sehari dapat mengurangi risiko kepikunan.

Meningkatkan metabolisme
Saat minum kopi, jantung akan terasa berdebar lebih kencang. Hal ini karena stimulasi atau rangsangan yang disebabkan oleh kafein yang ada dalam kopi. Menurut Robert Davis, penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 mengungkapkan bahwa meminum kopi dapat meningkatkan proses metabolisme yang ada dalam tubuh.

Sumber antioksidan
Edward Giovannucci, peneliti dari Harvard mencatat bahwa kopi memiliki banyak kandungan antioksidan yang melimpah. Lebih lanjut, Edward menjelaskan antioksidan kopi ternyata lebih tinggi daripada yang ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan. Hasil penelitian Edward ini dipublikasikan lebih lengkap dalam Epidemiologi Kanker, Biomarkers & Prevention.

Sudah tahu kan manfaat kopi bagi kesehatan. Jadi, tak perlu berlama-lama untuk bermalas-malasan ya. Seruput kopinya dan langsung mulai aktivitas dengan penuh semangat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait