Bagaimana cara kamu untuk mendapatkan posisi puncak karier?

Manuver-manuver berikut akan memuluskan perjalanan karir Anda agar melesat sesuai rencana dan cita-cita awal.

Meraih karier impian memang susah-susah gampang, terkadang kita berpikir bahwa skill berkualitas saja sudah cukup untuk mengerahkan kilau kesuksesan menghampiri dan “jatuh” tepat di atas pangkuan. Ternyata pencapaian tersebut semata bukan cuma memerlukan otak cemerlang yang ditunjang dengan nilai indeks prestasi di angka terbilang tinggi saja. Sebab, nyatanya dunia kerja itu tak semudah menghafal teori atau memecahkan rumus-rumus eksak seperti saat masih di bangku sekolah dulu. Karena terdapat begitu ragam trik-trik yang perlu Anda lancarkan demi tampak menonjol dibandingkan rekan yang lain, dan jangan lupakan satu hal yaitu prestasi yang baik juga mesti mengikuti. Dengan begitu bukan tak mungkin, bos akan memandang Anda sebagai karyawan yang memiliki potensi besar, dan pastinya peningkatan karier pun akan bergerak mulus tanpa kendala berarti.

Bagaimana jika semua panduan dalam meraih jabatan sudah Anda lakukan tetapi kok karier masih berjalan di tempat? Apa yang salah? Jangan terlalu jauh berpikir, terlebih bila sampai memiliki pemikiran negatif pada perusahaan. Teruskan saja prestasi Anda, plus jangan lupa untuk tetap aware akan hal-hal kecil namun bermakna yang dapat membantu karir meroket sampai “menyentuh langit”. Cobalah 10 trik emas dari hers berikut. Dan satu hal yang mesti diingat, kesuksesan yang diraih selangkah demi selangkah akan lebih lama bertahan dibandingkan mendapatinya lewat jalan pintas.

TRIK 1: SEDIKIT-SEDIKIT MEMBANGUN BUKIT
Strategi sukses dengan cara menjilat atasan, sudah bukan waktunya lagi. Sekarang jamannya prestasi yang pegang kendali! Maka dari itu manfaatkan setiap detik waktu pada hari kerja Anda untuk mengerjakan hal-hal yang berarti. Lakukan sesuatu yang berbeda dan inovatif setiap harinya. Luangkan waktu untuk memulai menyelesaikan hasil analisa atau proyek baru dengan lebih serius. Lupakan saja kebiasaan mendownload hits single terbaru dari internet, selain buang-buang waktu pastinya tugas otomatis akan terbengkalai. Lalu, jangan menutup rapat pendengaran ketika kritik datang melintas, sebab selama itu adalah kritik membangun, tak ada salahnya untuk disimak. Selesaikan masalah dengan rekan kerja lewat kepala dingin dan bijaksana, dari situ seisi kantor pun dapat melihat bahwa Anda ternyata memiliki jiwa pemimpin yang cakap dan patut ditiru. Selanjutnya, jangan lupa untuk terus melatih otak Anda dengan mengerjakan atau membaca sesuatu yang akan menambah wawasan. Percayalah, langkah seperti ini akan memoles kemampuan yang Anda miliki sekarang menjadi lebih cemerlang.

TRIK 2: TAMPILKAN DIRI ANDA
Pekerjaan Anda selalu selesai tepat waktu, catatan absensi tak pernah bertinta merah dan jangan tanya mengenai kerapihan berbusana, Anda adalah jawaranya. Tapi anehnya, meskipun telah begitu mengikuti aturannya, kok promosi jabatan tak kunjung datang menghampiri. Anda tak perlu berkecil hati, trik berikut akan memperlicin langkah Anda ke jenjang jabatan yang lebih baik.

Perusahaan tempat Anda bekerja pasti memiliki banyak karyawan tentunya, nah untuk itu Anda harus pintar menampilkan diri beserta prestasi ke atas “permukaan” supaya atasan notice mengenai keberadaan Anda di sana. Apabila sifat dasar Anda pribadi yang introvert dan pemalu, ayo pelan-pelan tangkis jauh sifat tersebut, bila dibiarkan justru Anda akan “dilangkahi” oleh para rekan yang haus eksistensi. Awali dengan mencoba untuk melibatkan diri dalam berbagai proyek atau bahkan kegiatan sosial kantor. Jangan merasa bahwa usaha Anda itu sia-sia meskipun intensi dari proyek tersebut tidak berkaitan dengan tugas utama Anda. Karena dengan sering tampak terlibat pada aktivitas lain di luar pekerjaan dengan rekan kantor, akan membuat Anda semakin dikenal dan mengenal teman sejawat lainnya. Terutama bila ternyata atasan juga merupakan pribadi yang senang bergaul dan tak segan berkumpul bersama, seperti misalnya ngopi bareng dengan para karyawan. Nah, kesempatan seperti ini jangan sampai dilewatkan. Dijamin dengan prestasi kerja yang mendukung dan selalu memuaskan, atasan lambat laun akan pun sadar dengan eksistensi Anda di dalam perusahaan. Maka bukan mustahil, jika lain kali posisi lebih tinggi tersedia, Andalah orang pertama yang diingat oleh atasan.

TRIK 3: PERDALAM FONDASI KARIER
Banyak buku-buku panduan sukses berkarir menguatkan penjelasan mengenai bahwa di detik pertama Anda menjejakkan langkah di lantai perusahaan merupakan sejarah karier Anda pun telah bermula pula. Jadi perkuatlah image Anda dengan menebarkan impresi yang baik pada setiap orang di dalam perusahaan. Tidak pernah ada kata terlambat, meskipun kini adalah tahun ketiga Anda bekerja, tidak masalah sama sekali, sebab ada satu cara efektif agar Anda mengetahui bagaimana penilaian perusahaan pada prestasi kerja Anda yaitu jangan pernah sungkan untuk bertanya pada HRD manager mengenai evaluasi kinerja Anda, minta saja salinan review, jangan merasa tidak enak, karena itu adalah hak Anda sebagai karyawan. Setelah itu, telaah kembali evaluasi tersebut, sebab dari situ Anda akan tahu apakah Anda selama ini mengalami peningkatan ataukah penurunan. Jangan pernah bosan untuk terus menerus menambah pengetahuan Anda, baik secara spesifisik yang sesuai profesi ataupun secara global. Karena percayalah, memiliki otak cerdas itu menyenangkan!

TRIK 4: TERIMA KRITIK DENGAN LAPANG HATI

Siapa sih yang senang dikritik, apalagi bila kritikan itu bersifat negatif, dan yang lebih menyebalkannya lagi, asal datangnya ternyata dari rekan terdekat di kantor. Jangan keburu emosi, Anda harus siap dengan segala rintangan yang datang, sebab di manapun Anda bekerja, kritikan itu akan selalu mengikuti, alasannya sederhana saja Anda tak mungkin membahagiakan semua orang bukan?

Marah secara frontal saat terhujat kritik adalah tindakan yang dangkal, Anda harus menyusun strategi “cantik” dan menyiapkan mental baja, karena siapapun tak akan pernah mengira kapan datangnya kritikan tersebut. Namun, selama kritik itu membangun, terima saja sebab hal tersebut bisa bermanfaat di masa mendatang untuk Anda. Pastinya sebagai wanita mandiri yang cerdas, Anda dapat dengan cepat membedakan mana sih kritikan yang membangun dan mana yang menjatuhkan. Selama penilaian sepihak itu tidak dengan sengaja untuk menjatuhkan Anda, terima saja dan ucapkan terima kasih pada si pemberi kritikan, lalu intropeksi diri apa yang harus dibenahi baik dari kinerja maupun pribadi Anda. Bila yang terjadi sebaliknya, yaitu seseorang sengaja mengkritik dengan tujuan untuk menamatkan perjalanan karier Anda, jangan tersulut amarah, melainkan dekatkan diri Anda pada si “virus” kantor tersebut, tak ada cara yang paling tepat dan teramat menyakitkan dibandingkan dikhianati oleh orang yang sudah sangat dipercaya. Anda tentu mengerti bagian ini bukan? Jadikan diri Anda orang yang ia percayai.

TRIK 5: JANGAN PERNAH LENGAH
Jangan biarkan diri Anda telat informasi, selalu up date segala macam berita dalam bidang dan industri yang Anda geluti. Bisa dengan cara mengikuti seminar atau pendidikan khusus, jika memang diperlukan. Ada cara yang lebih mudah dan murah, yaitu browsing saja di internet, jangan pernah malas membaca newsletter yang beredar di kantor jika memang ada, dan beri perhatian lebih pada berita-berita lain yang menyangkut pekerjaan Anda. Selanjutnya, ketika Anda mendapatkan informasi penting yang bermanfaat pada peningkatan kinerja perusahaan. Jangan ragu untuk mem-forward lewat email kepada atasan. Dengan begitu bos pun akan menilai Anda adalah karyawan cerdas dan berinisiatif tinggi pada pekerjaan yang dipercayakan pada Anda.

TRIK 6: KEMBANGKAN NETWORKING ANDA
Semua profesional muda seperti Anda, tentu sudah sangat mengerti pentingnya memperluas dan memelihara networking. Bila sekarang Anda merasa sudah puas akan network yang telah dibangun, hers sarankan untuk jangan terlalu dini berpuas diri. Sebaiknya, Anda mesti kian rajin menambah jumlah network tersebut. Jangan pernah ragu untuk memulai perbincangan dengan orang lain ketika sedang menghadiri suatu perjamuan formil atau sebuah seminar, liputan dan trainning. Bercakap-cakaplah dengan semua peserta dari segala macam tingkat dan industri kerja, karena Anda tak akan pernah tahu dari mana dan kapan kesempatan brilian itu “terhidang” buat Anda. Jadi persiapkan diri dengan segala kemungkinan.

Bila sedang menghadiri sebuah gathering, lalu mendadak lidah terasa kelu dan tak mampu berbicara. Tenang saja ladies, hilangkan kebiasaan panik dan yang pasti haram hukumnya memulai perbincangan dengan mengarang-ngarang informasi yang tidak akurat. Yang terpenting adalah pertahankan sikap tenang, tetap tersenyum, lakukan kontak mata sewaktu lawan bicara sedang berbicara pada Anda. Apabila memang sudah kehabisan konten pembicaraan, gunakan tips klasik tapi selalu sukses setiap saat, lanjutkan perbincangan mengenai diri si lawan bicara, seperti misalnya di mana ia kuliah dahulu, atau ketika weekend biasanya ia hang out di mana. Dengan begitu ritme percakapan akan menjadi santai sehingga Anda pun dapat berkomunikasi dengan santai, lancar dan mengesankan!

TRIK 7: JANGAN GENTAR AKAN RISIKO
Be a risk taker! Anda tak akan pernah tahu akan sesuatu jika tidak menjalaninya terlebih dahulu, maka dari itu agar sukses dalam mendulang karier impian, hukumnya dosa besar bila Anda tidak berani menjawab tantangan. Jangan pernah merasa pesimis ketika berniat menjalani sesuatu yang memberikan dampak baik pada Anda. Apabila atasan berencana akan menangani sebuah proyek baru dan meskipun operasionalnya terdengar menjelimet plus “makan” waktu banyak, jangan membuat itu memperlambat langkah Anda, tanpa urung beranikan diri maju ke depan dan katakan pada atasan bahwa Anda bersedia untuk turut dilibatkan. Pastikan janji Anda itu bukan omong kosong saja, karena Anda harus benar-benar bisa mewujudkan, setidaknya perlihatkan usaha keras, sehingga atasan akan menghargai niat baik Anda.

Ketika sedang meeting bersama, jangan sia-siakan “hak bersuara” Anda, bila memang memiliki ide gemilang, apa untungnya hanya dipendam sendiri, utarakan dan biarkan orang lain terkesima akan kecemerlangan pola pikir Anda. Sementara itu, tetap terus pertahankan memperluas networking Anda. Singkat kata, beranikan diri untuk keluar dari “kepompong zona nyaman” Anda, lalu mulailah perluas pengetahuan serta kemampuan Anda. Karena berhasil atau gagalnya Anda dalam mencapai cita-cita berkarier, semua itu sepenuhnya hanya Anda yang pegang kendali.

TRIK 8: PUPUS SEMANGAT? NO WAY !!
Kala promosi jabatan yang Anda angan-angankan jatuh ke pangkuan rekan lain, jangan buyar motivasi. Jadikan ini “pecutan” untuk diri Anda, ketika gagal tentu Anda akan berusaha lebih keras lagi, tak menutup kemungkinan bila kesuksesan yang Anda raih tersebut akan terealisasi dua kali lebih dari yang Anda impikan. Agar tidak terulang kembali kesalahan yang sama, Anda bisa menanyakan dengan baik-baik kepada atasan atau HRD tentang mengapa bukan Anda yang mendapatkan penghargaan diberikan kenaikkan jabatan dan catat poin penting yang dikemukakan atasan Anda tersebut lalu jadikanlah itu bekal untuk mewujudkan jabatan yang sudah lama Anda idamkan.

Pembaca hers pastinya adalah seorang wanita berani dan tak goyah akan rintangan meskipun itu kerap menerjalkan langkah menuju titik tujuan, sebab itu Anda dilarang hilang semangat meskipun di saat-saat mimpi yang nyaris nyata mendadak menjauh dari pandangan. Jadikan halangan sebagai bibit motivasi baru Anda.

TRIK 9: TETAP JAGA SIKAP PADA SEKITAR
Hal-hal kecil yang mendasar tapi berguna untuk diri Anda, tak boleh Anda anggap remeh. Salah satunya adalah menjaga sikap dan tutur kata pada orang sekeliling, terlebih ketika berada di kantor. Jangan samakan lingkungan internal kantor dengan waktu kongkow bersama para sahabat. Seperti misalnya, jangan pernah lupa untuk menyapa dengan ramah, ucapkan selalu terima kasih saat ada rekan yang dengan telah baik bersedia membantu Anda, lalu jangan lupa untuk mengucapkan kata tolong sebelum Anda meminta bantuan pada siapapun yang berada di dalam kantor, dari yang mulai level bawah sampai yang paling tinggi tentunya. Bila Anda pandai menjaga image sebagai pribadi yang sopan dan menyenangkan, otomatis dalam waktu singkat, Anda pun akan menjadi favorit semua orang.

(PT. Nestlé Indonesia bekerja sama dengan www.hersmagz.com)

Share artikel ini:

Artikel Terkait