Beberapa Hal yang Tak Perlu Disesali dalam Perjalanan Hidup

0e7a806050630bacfd832f6fc995681a5bef843b.jpeg

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Bukankah seperti itu manusia hidup? Lalu, ketika seseorang melakukan kesalahan, mereka langsung minta maaf dan move on. Namun, ada beberapa hal di bawah ini yang Anda tidak harus merasa menyesal atau bersalah saat melakukannya.

Tidur lebih awal
Tidur adalah rutinitas alamiah manusia yang tidak bisa dipaksakan. Jika Anda merasa sangat lelah maka tidurlah. Biarpun orang-orang di sekitar Anda mengajak untuk ngobrol atau melakukan kegiatan lain, Anda berhak menolaknya. Tidur adalah hal yang sangat krusial, karena mempengaruhi kesehatan dan kebahagiaan ketika terbangun.

Mengatakan "tidak"
Anda tipe orang yang tidak bisa menolak sesuatu? Maka, mulai sekarang belajarlah untuk mengatakan "tidak". Berikan sisa waktu Anda untuk menyayangi diri sendiri dan beristirahat. Anda boleh saja mengacuhkan ajakan teman atau tawaran kerja tambahan. Ingat Anda perlu waktu untuk diri sendiri juga.

Putus hubungan dengan teman yang berpengaruh buruk
Pribadi teman dan orang di sekitar Anda adalah pembentuk dari karakter diri Anda sendiri nantinya. Oleh karena itu, pastikan Anda berada di sekitar orang yang memberikan energi positif. Jangan ragu untuk menjauh dari teman yang selalu memberikan pengaruh buruk pada Anda.

Menunda untuk membaca email
David Karp, pendiri Tumblr mengatakan bahwa dia berusaha keras untuk tidak membuka email saat berada di rumah sampai dia berada di kantor. Membuka email mengenai pekerjaan di rumah akan membuat Anda merasa terbebani pekerjaan dan menjadi tidak produktif. Abaikan saja, lebih baik Anda beristirahat atau menghabiskan waktu bersama keluarga.

Memiliki waktu untuk diri sendiri sangatlah penting, maka Anda tidak perlu menyesal jika harus membuat orang lain sedikit kecewa. Lain waktu, Anda bisa kok menghabiskan waktu bersama teman atau justru memberikan perhatian lebih pada pekerjaan Anda. Semoga bermanfaat ya.