Bekerja di dunia Anak

Setiap ibu tentu mencintai anaknya, dan akan melakukan apapun untuk kebaikan anaknya. Itu wajar saja, karena yang Anda hadapi adalah anak Anda sendiri. Tapi di luar sana, banyak orang yang dalam kesehariannya bekerja dengan dan bersama anak-anak. Contoh paling mudah adalah guru, dokter anak, pengasuh, dan banyak lagi.

Bayangkan betapa dalam kesabaran yang harus mereka miliki, karena seperti kita tahu anak-anak adalah mahluk yang sangat aktif sekaligus sulit diatur. Karena itulah kita patut memberi acungan jempol pada orang-orang yang bekerja di dunia anak, karena dengan dedikasi mereka ‘mengurus’ anak orang lain, termasuk anak Anda.

Meski mengemban tugas yang tak mudah, banyak orang yang bekerja dengan anak-anak justru merasakan kebahagiaan, kepuasan, dan pengalaman menyenangkan. Seperti yang diungkapan Carol Bellamy, yang pernah menjabat sebagai Executive Director di UNICEF. “Saya sangat terkesan dengan kesegaran, kejujuran, dan kejernihan pikiran mereka. Mereka mengingatkan saya untuk selalu jujur dan apa adanya. Semakin terbuka pemikiran kita, semakin baik pula cara kita berkomunikasi dan menjaling hubungan dengan orang lain,” ujar wanita yang bergabung bersama UNICEF selama 10 tahun ini. Bagi Carol, kebahagiaan terbesar yang diperolehnya adalah melihat perkembangan positif yang diraih anak-anak.

Beberapa pengalaman menarik dan menyenangkan saat bekerja dengan anak-anak diantaranya adalah:
Menjadi bagian dari perkembangan anak.
Suatu kebahagiaan tak terkira bila anak-anak yang Anda tangani berhasil mencapai suatu tahap perkembangan tertentu. Banyak guru, mentor atau pengasuh merasakan hubungan emosional yang erat saat melihat ekspresi pemahaman anak atas apa yang diajarkan.  Terlebih lagi, bila yang dihadapi adalah anak-anak yang mengalami kesulitan belajar. Keberhasilan anak akan memberi kebahagiaan berlipat ganda.

Kesempatan memberikan ‘hadiah’ ilmu pengetahuan pada anak
Guru, mentor, atau pengasuh memiliki kesempatan istimewa untuk mengajarkan ilmu pengetahuan pada anak tentang berbagai aspek kehidupan. Ini adalah kebanggaan yang nyaris tak terhingga.

Mendapat pelajaran berharga dari anak-anak
Keceriaan, kejujuran dan antusiasme anak-anak adalah hal yang selalu ditemui saat bekerja. Semua sifat dasar anak tersebut membantu orang-orang yang bekerja bersama anak untuk memandang hidup dari sisi positif dan tidak kehilangan semangat dalam menghadapi berbagai persoalan dalam hidup.
Menjadi penjaga masa depan
Memilih bekerja dengan anak-anak berarti memberi tanggung jawab sekaligus kesempatan bagi seseorang untuk menjadi penjaga generasi masa depan. Sungguh suatu kesempatan yang jarang dan sangat terhormat, menyadari bahwa apa yang Anda akan membentuk pribadi-pribadi yang di masa depan akan menjadi ‘pemain utama’ dalam dunia sekitar Anda.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait