@shutterstock

Beribu Manfaat Pilates Bagi Wanita

Sudahkah Anda mengenal latihan pilates? Eits, latihan ini berbeda dari latihan yoga lho. Latihan ini memiliki metode unik yang menggunakan balon sebagai alat bantunya. Pilates adalah suatu metode olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Hubert Pilates yang berasal dari Jerman pada awak abad ke 20.

Latihan ini fokus pada kelenturan serta fleksibilitas seluruh bagian tubuh serta menguatkan dan mengencangkan otot. Olahraga ini dapat memperbaiki postur tubuh dan memperbaiki masalah tulang belakang lho. Dr. Handrawan Nadesul, menambahkan latihan pilates ternyata memiliki beribu manfaat terutama bagi wanita lho.

Untuk mengetahui apa saja manfaatnya, yuk simak yang berikut ini.

Menurunkan berat badan
Senam pilates dengan rutin dapat meningkatkan metabolisme. Nah, saat metabolisme meningkat pembakaran lemak dan karbohidrat akan berlangsung lebih maksimal. Secara tak langsung dapat mengurangi berat badan dan menjaga tubuh tetap ramping. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda harus menggabungkann dengan latihan lain seperti jogging atau bersepeda. Lebih baik lagi jika dibarengi dengan diet seimbang, wah tubuh langsing ideal bukan lagi mimpi.

Agar proses pembakaran kalori lebih efisien, latihan pilates dengan menggunakan alat bantu bola dan latihan aerobik dapat membuat latihan lebih menyenangkan. Menurunkan berat badan bukan hal yang mudah, oleh karena itu dibutuhkan latihan yang konsisten serta kesabaran yang maksimal.

Mempermudah persalinan
Latihan pilates yang  menekankan  pada kekuatan otot dan panggul adalah jawaban bagi semua kebutuhan ibu hamil. Dengan memiliki otot dan panggul yang kuat akan mempermudah proses persalinan. Tidak hanya saat persalinan saja, pasca persalinan pun latihan ini masih menyumbangkan manfaat yang tidak sedikit.

Setelah melahirkan kondisi organ dan otot-otot organ reproduksi ibu perlu dipulihkan dan dikembalikan lagi dalam bentuk semula. Dengan latihan pilates, akan membantu ibu untuk mengencangkan kembali otot dan organ reproduksi.

Wah, bagi Anda yang yang memiliki masalah berat badan atau yang sedang menjadi calon ibu, olahraga pilates ini bisa Anda coba. Semoga bermanfaat ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait