Bisakah Yoga Bantu Menurunkan Berat Badan?

Bisakah Yoga Bantu Menurunkan Berat Badan?

Demi mendapatkan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal, banyak orang rela melakukan berbagai latihan dan kegiatan fisik demi mencapai impian tersebut. Berbagai hal pun dilakukan, mulai dari olahraga ringan seperti jogging hingga olahraga berat seperti fitness di gym pun rutin dilakukan. Mengapa Ibu tidak mencoba olahraga yang berbeda dengan berlatih yoga? Apakah yoga bisa membantu Ibu menurunkan berat badan?

Olahraga yoga memang berbeda dengan latihan kardio atau aerobik yang memang sering dilakukan sebagai upaya untuk menurunkan berat badan. Kalori yang terbakar saat yoga tidaklah sama dibanding dengan latihan kardio atau aerobik. Namun menurut Beth A. Lewis, profesor di University of Minnesota School, Minneapolis, AS, latihan yoga disertai dengan meditasi dapat membakar kalori dengan signifikan. Melakukan yoga satu jam saja, dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan berjalan kaki santai dengan durasi yang sama.

Selain menyehatkan, ternyata yoga juga bisa membantu Ibu untuk menenangkan pikiran. Olahraga yang berpusat pada pikiran dan pengolahan jiwa ini memperbaiki hubungan pikiran dengan tubuh, termasuk pada kebiasaan mengonsumsi makanan. Inilah yang menjadi faktor utama yoga bisa menurunkan berat badan Ibu.

Saat melakukan latihan yoga akan terjadi keseimbangan alami di dalam tubuh yang menenangkan jiwa dan raga, sehingga Ibu pun lebih menghormati tubuh Ibu sendiri.  Dengan begitu, Ibu pun akan melakukan segala sesuatu yang terbaik untuk diri sendiri, dimulai dengan memperbaiki pola makan dan lebih selektif dalam memilih jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi, terutama jenis makanan yang sehat dan bergizi. Dengan pola makan sehat yang baik tersebut, efeknya berat badan pun akan turun secara bertahap.

Sebagai bagian dari olahraga dan juga meditasi, yoga pun dipercaya mampu menjaga berat badan dan bentuk tubuh secara ideal melalui latihan konsentrasi. Karena yoga bisa membantu seseorang menurunkan tingkat gangguan psikologis seperti stress, depresi atau kejenuhan. Perlu Ibu sadari, bahwa saat mengalami stress, seringkali Ibu mencari pelampiasan berupa camilan dan makan berlebih, atau yang lebih dikenal dengan sebutan emotional eating. Dengan rutin melakukan yoga, Ibu pun bisa mengelola emosi dan pikiran dengan lebih baik sehingga terhindar dari stress yang berujung dengan emotional eating, sehingga berat badan ideal pun tetap terjaga.

Tak hanya itu, pada saat melakukan pose yoga, tanpa Ibu sadari ternyata sedang terjadi proses pembakaran kalori dan juga membangun kekuatan otot. Yoga juga membantu Ibu untuk mengencangkan tubuh serta melenturkan tubuh sehingga membuat Ibu memiliki bentuk tubuh yang lebih ideal. Melakukan pose yoga dalam 1 sesi kali latihan dapat membakar kalori kurang lebih antara 175 hingga 500 kalori. Untuk hasil penurunan berat badan yang lebih terlihat, sebaiknya pilih yoga yang membutuhkan kekuatan fisik dengan mempraktikkan beberapa posisi yoga yang menantang agar kalori yang terbakar pun lebih banyak.

Yuk, Bu rutin beryoga untuk kesehatan jiwa dan raga!

Share artikel ini:

Artikel Terkait