Budidaya Aneka Tanaman di Kebun Sendiri

Saat cuaca terik, berkebun menjadi pilihan aktivitas yang menyenangkan. Belum lagi, jika pekarangan rumah cukup luas, maka sangat disayangkan jika dibiarkan kosong begitu saja. Tak perlu membayangkan kebun yang ribet dengan aneka tanaman yang sulit dicari. Untuk mengawalinya, Anda bisa mulai dengan yang sederhana saja. Paling tidak dengan memiliki kebun sendiri Anda bisa lebih hemat dalam membeli beberapa bahan baku, seperi bumbu dapur.

Lantas, tanaman apa saja yang mudah untuk dibudidayakan di pekarangan rumah? Simak ulasan berikut ini ya.

Jeruk limau

Tanaman pertama yang bisa Anda tanam adalah jeruk limau. Anda bisa membelinya di toko tanaman yang sudah lumayan besar, sehingga Anda tinggal menanamnya kembali. Jeruk limau banyak memiliki manfaat baik buah maupun daunnya, khususnya untuk memberikan aroma yang harum pada masakan. Jeruk ini memerlukan banyak sinar matahari dan air dengan siraman yang cukup. Jadi, upayakan lahan tanamnya cukup terbuka dan mudah terkena sinar matahari.

Rosemary

Selanjutnya, ada tanaman rosemary. Tanaman ini banyak digunakan daunnya untuk melengkapi masakan panggang atau bakar-bakar. Aromanya yang harum membuat daun ini banyak dimanfaatkan untuk memasak. Tanaman ini juga memiliki proses tumbuh yang mudah, sehingga Anda dapat membudidayakannya kapan saja. Hanya saja, rosemary tidak memerlukan sinar matahari yang berlebihan.

Basilikum

Lebih dikenal dengan sebutan daun basil. Daun yang mirip dengan daun kemangi ini, memang sudah cukup familiar dalam dunia kuliner. Tanaman ini dapat Anda budidayakan dalam pot. Selain memiliki daun yang tak begitu lebar, basil termasuk tanaman yang gampang untuk tumbuh. Anda bisa membeli bibitnya di toko tanaman. Dalam proses pertumbuhannya, tanaman basil memerlukan tanah yang lembap namun tidak terlalu banyak air. Hindari penggunaan pupuk buatan, agar aroma daun basil bisa tetap harum.

Mint

Tanaman lain yang bisa Anda budidayakan di rumah adalah daun mint. Tanaman Eropa ini bisa ditanam dengan mudah di Indonesia. Belilah bibitnya dalam pot, kemudian biakkan di rumah. Anda hanya cukup menanamnya dengan kondisi tanah yang lembap dan tak terlalu banyak sinar matahari.

Bila tanaman-tanaman tersebut tumbuh subur, maka Anda bisa memanfaatkannya baik untuk mengolah maupun menyajikan makanan maupun minuman, tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Menarik bukan?

Share artikel ini:

Artikel Terkait