@shutterstock

Cara Mudah Ajari Si Kecil Naik Sepeda

Setiap orang pastilah memiliki pengalaman yang seru saat belajar naik sepeda. Kini, saatnya anak Anda yang harus melewatinya. Belajar sepeda diperlukan keberanian dan keteguhan yang tinggi lho. Kontributor Nestle, Ubaedy, menyatakan bersepeda dapat melatih motorik kasar si kecil dan secara umum sangat berguna bagi pertumbuhan fisiknya.

Dengan belajar sepeda juga melatih keseimbangan dan kontrol si kecil. Begitu pentingnya bagi si kecil bisa bersepeda, berikut ini adalah cara mudah untuk mengajari si kecil belajar sepeda.

Tumbuhkan tekad untuk belajar
Belajar akan terasa sulit jika dilakukan tanpa tekad yang kuat. Pertama, cobalah memunculkan ketertarikan si kecil untuk bisa mengendarai sepeda. Misalnya ajak si kecil untuk jalan-jalan di taman, di sana si kecil akan menemukan anak seusianya yang sudah pandai naik sepeda. Tanyakan apakah si kecil tidak ingin bisa naik sepeda seperti anak yang lain. Jika anak mulai tertarik, jangan ragu untuk membelikannya sepeda ya.

Ceritakan pengalaman masa kecil Anda
Dengan menceritakan pengalaman masa kecil Anda saat belajar bersepeda, si kecil akan mengetahui kendala atau bahaya apa saja yang bisa terjadi. Misalnya, terjatuh karena kurang keseimbangan, bahaya kendaraan lain yang ugal-ugalan dan jalanan yang mungkin sulit ditempuh. Ceritakan juga tentang perjuangan Anda yang tidak mudah menyerah saat belajar bersepeda, hal ini dapat membakar semangat si kecil lho.

Ajari teknik bersepeda
Sebelumnya, pastikan si kecil memakai alat pengaman seperti helm, pelindung siku dan kaki. Teknik pertama yang bisa Anda ajarkan adalah cara menempatkan badan pada posisi yang tepat di atas sepeda. Ketika menggerakkan sepeda, ajarkan kaki kiri menginjak aspal dan kaki kanan menginjak pedal. Dorong sepeda dengan kaki kiri dan kaki kanan untuk mengayuh pedal. Ajarkan untuk terus mengulangi sampai bisa mengayuh 3-5 kali putaran.

Setiap anak memang memiliki ketangkasan yang berbeda dalam belajar bersepeda. Namun, berikan apresiasi atas kemauan belajarnya yang kuat dengan selalu mendampingi si kecil dalam proses belajarnya. Semoga si kecil segera bisa mengendarai sepedanya ya karena petualangan akan segera dimulai.

Share artikel ini:

Artikel Terkait