@shutterstock

Cara Sederhana Bangkitkan Mood

Suasana hati atau yang lebih akrab dikenal sebagai mood, memang tak bisa ditebak kemunculannya. Kadang bisa membuat Anda bosan seharian kadang kala membuat Anda menjadi lebih bahagia selama beberapa waktu. Berbeda dari tinjauan medis yang mengatakan mood sebenarnya bisa dikontrol setiap waktu. Hal ini dikarenakan, pembentukan mood dipengaruhi oleh hormon. Salah satunya adalah serotonin yang memiliki fungsi membentuk good mood dalam otak.

Lewat cara-cara sederhana berikut ini, good mood dapat dibangkitkan lebih mudah.

Belanja pintar
Jika Anda memiliki hobi berbelanja, maka maksimalkan untuk membuat diri lebih bahagia. Konsep belanja pintar dapat membantu Anda menemukan good mood dalam beraktivitas. Miriam Tatzel, PhD dari Empire State College mengemukakan orang yang membelanjakan uangnya untuk melihat konser atau membeli makanan cenderung lebih bahagia daripada menghabiskan uang untuk membeli baju atau perhiasan. Hal ini diketahuinya setelah melakukan survei kepada 329 orang yang hobi belanja.

Berbuat baik
Daripada malas-malasan seharian lantaran bad mood, lebih baik melakukan banyak hal positif seperti menjadi sukarelawan. Miriam Tatzel menjelaskan bahwa orang yang gemar menjadi sukarelawan lebih mudah berbahagia dari pada mereka yang memiliki uang atau kehidupan ekonominya berlebihan. Hal ini dikarenakan berbagi dengan sesama dapat menumbuhkan rasa empati yang akhirnya dapat menyadarkan orang untuk bisa lebih bahagia dan menghargai diri sendiri.

Merangkai foto lama
Ada juga hal menarik yang bisa Anda lakukan bersama si kecil. Anda bisa merangkai foto-foto lama yang hampir tak tersentuh dalam kumpulan album lama. Rangkai dan bingkai kembali menjadi kolase foto yang lebih menarik. Hasil penelitian tim peneliti di United Kingdom's Open University, memaparkan kegiatan merangkai foto-foto lama dapat membantu mengingatkan beragam memori lama yang cukup berkesan. Tak heran jika orang yang melakukan kegiatan ini sering tertawa sendiri.

Buat ruangan lebih cerah
Suasana ruangan yang redup dan minim ventilasi hanya akan membuat pengap dan pikiran menjadi lebih penat. Bukalah tirai dan jendela agar cahaya matahari bisa masuk dengan bebas di ruangan Anda. Bisa juga pergi ke luar di pagi hari dan menikmati pancaran cahaya matahari. Melakukan kegiatan ini selama satu jam akan membuat perasaan lebih rileks dan suasana hati lebih tenang.

Mudah bukan? Yuk segera diaplikasikan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait