Eating Out For Health & Pleasure

Dengan strategi yang tepat, kita bisa makan di restoran tanpa khawatir kesehatan akan terganggu.

Menikmati hidangan keluar rumah bersama keluarga ataupun sendiri sudah jadi kebutuhan bukan pilihan lagi. Kesibukan yang berjejal juga waktu yang harus dialokasikan di jalan-jalan kota besar akhirnya mengurangi kesempatan menikmati hidangan di rumah. Di sisi lain, ada begitu banyak pilihan hidangan yang sering membuat kita tergoda ingin mencicipinya, utamanya karena begitu banyak informasi yang bertebaran yang dirangkum oleh para petualang kuliner; kok rasanya saran mereka perlu dibuktikan dan terus diperbaharui.

Sekarang bagaimana caranya supaya bisa tetap menikmati hidangan sajian resto tanpa harus pusing atau khawatir yang berlebih akan kesehatan Anda. Saya coba berikan ide dasar di bawah sebagai pertimbangan sebelum kita menikmati hidangan dalam satu restoran. Semoga bermanfaat bagi Anda.

  • Kenali kondisi kesehatan Anda; adakah pantangan atau diet yang harus dilakukan. Jangan pernah kompromi dengan sepiring hidangan favorit atau mengalah dengan selera lidah. Kesehatan tetap jadi prioritas.
  • Kebutuhan kalori atau asupan hidangan tiap orang pasti berbeda, makan bareng kadang memberi kalori berlebih yang tidak diperlukan.
  • Tentukan dan batasi waktu bersantap seperti jam sarapan, jam makan siang dan jam makan malam agar kinerja atau proses pencernaan berlangsung optimal.
  • Tambahan hidangan (camilan) di antara jam makan normal otomatis membebani proses pencernaan dan mengakibatkan asupan nutrisi yang berlebih sehingga bertumpuk jadi lemak jika tidak digunakan.
  • Sarapan pagi di restoran atau di hotel dengan sistem buffet adalah godaan terberat. Gunakan 1 piring dan sekali ambil. Jika perut masih dapat diisi, pilih buah segar dan kurangi konsumsi teh dan kopi (refillable) karena keduanya akan memberati proses pencernaan.
  • Kegiatan membaca sambil sarapan sebenarnya akan mengurangi porsi hidangan karena Anda lebih fokus pada bacaan dan memberi waktu yang panjang bagi hidangan untuk dikunyah sehingga meringankan proses pencernaan.
  • Untuk makan siang buffet, sebelum bersantap minum segelas besar air putih. Lambung pun akan terisi sebelum hidangan masuk dan ‘sensasi’ kenyang akan mudah dicapai.
  • Untuk makan malam buffet, konsumsilah hidangan sayuran, buah dan salad dengan dressing (saus salad) yang minim. Hidangan sup dan beberapa potong roti adalah hidangan ideal karena mencukupi kebutuhan nutrisi lewat karbohidrat dan bahan makanan lain dari sup.
  • Jika Anda sedang berdiet dan berusaha mengurangi asupan garam, gula atau yang lain, jangan hindari sama sekali. Berhenti mengkonsumsinya akan mengakibatkan ketidakseimbangan dalam tubuh. Mengurangi bukan berarti stop total.
  • Hindari menu gorengan yang dominan pada pilihan hidangan. Kombinasikan dengan tumis sayur atau hidangan yang dikukus dan usahakan tidak terlalu banyak mengkonsumsi nasi putih, karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi.
  • Apapun hidangannya atau bahan masakan, jika disantap dalam porsi banyak, berlebih, dan terus menerus akan menimbulkan keburukan. Kombinasikan jenis bahan hidangan yang Anda santap secara imbang. Ini artinya, hidangan tidak harus sayur, buah-buahan atau sereal melulu, atau sebaliknya daging terus.
  • Jika Anda tidak yakin, konsultasikan kesehatan dan rencana diet Anda dengan dokter atau ahli nutrisi. Bersantap sehat akan jadi hal yang menyenangkan dan baik bagi tubuh, asal pilih hidangan dengan bijak dalam porsi yang sesuai.
  • Terakhir, tidak perlu paranoid menyikapi susunan menu atau menganggap hidangan restoran tidak sehat. Jika Anda merasa perlu lebih banyak informasi atas hidangan yang hendak dipesan, berbicaralah dengan pengelola restoran dengan baik. Mereka siap memberi penjelasan untuk  membantu para tamu mendapatkan pengalaman bersantap yang baik.

Selamat bersantap sehat!

Share artikel ini:

Artikel Terkait