@shutterstock

Gaya Hidup Sehat ala Vegetarian

Hingga saat ini vegetarian masih diidentikkan sebagai ikon gaya hidup sehat. Pola hidup yang lebih memilih sumber makanan nabati seperti sayuran dan buah-buahan menjadi alasan yang jelas kenapa mereka disebut sebagai kelompok orang sehat. Belum lagi, makanan ini memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dari sumber makanan hewani. Tak heran kesehatan tubuh vegetarian lebih terjaga.

Kini, Anda dapat mengadopsi gaya hidup sehat ala vegetarian dengan lebih jelas. Tentu saja dengan menyimak ulasan lengkap di bawah ini terlebih dahulu.

Menyajikan buah dan sayuran
Makanan yang satu ini menjadi komponen utama yang tak boleh ditinggalkan dalam sajian menu vegetarian. Anda dapat mencoba lima teknik penyajian yang meliputi sayuran dan buah-buahan segar,  sayuran dan buah-buahan beku, sayuran dan buah-buahan dalam kalengan, sayuran dan buah-buahan kering dan juga jus sayur dan buah-buahan.

Vegetarian menggunakan teknik dan pilihan hidangan tersebut untuk menikmatinya dalam jumlah banyak seharian. Pola makan ini dimaksudkan agar bisa menikmati sumber vitamin, mineral dan serat secara maksimal. Hasilnya pencernaan menjadi lebih lancar dan Anda sekeluarga bisa terbebas dari risiko gangguan pencernaan seperti konstipasi atau susah buang air besar.

Makanan sumber karbohidrat
Selain vitamin dan serat, tubuh juga memerlukan karbohidrat sebagai sumber energi. Vegetarian akan memilih ubi manis, kentang, pasta, roti gandum, sereal dan beras merah. Sebagian besar, karbohidrat bersumber dari tanaman, tetapi pemilihan makanan ini bukan tanpa alasan. Makanan ini mengandung banyak serat, kalsium, zat besi dan vitamin B yang begitu dibutuhkan oleh tubuh.

Kacang-kacangan
Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan protein, vegetarian memilih kacang-kacangan yang kaya akan protein nabati. Bahkan, protein yang terkandung dalam susu kedelai lebih tinggi nilainya daripada protein yang ada dalam susu sapi. Dengan begitu, vegetarian tidak perlu khawatir mengalami kekurangan protein akibat tidak memakan daging, ikan, unggas dan telur secara rutin.

Tertarik untuk mencobanya?

Share artikel ini:

Artikel Terkait