vote

Gerakan-Gerakan Ini Menyehatkan dan Bisa Dilakukan di Rumah

Berolahraga tidak hanya berdampak untuk menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit, tetapi juga dapat menunjang penampilan karena membantu mewujudkan berat badan ideal.

  • Rate Artikel ini

Berolahraga tidak hanya berdampak untuk menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit, tetapi juga dapat menunjang penampilan karena membantu mewujudkan berat badan ideal. Terkadang, beberapa orang tidak rutin berolahraga karena beberapa hal, di antaranya seperti merasa tidak ada waktu, tidak suka olahraga, malu karena bentuk badan kurang bagus, merasa cukup sehat dengan menjaga pola makan, tidak ada teman, bahkan karena malas keluar rumah. Di antara alasan-alasan tersebut, manakah yang menjadi alasan Ibu ketika malas berolahraga? Jika tidak ada teman atau malas keluar rumah, Ibu dapat menyiasati alasan tersebut dengan berolahraga di rumah! Berikut beberapa gerakan menyehatkan yang dapat Ibu lakukan di rumah sebagai rangkaian cara berolahraga rutin.

1.Arm circle

Sesuai dengan namanya, arm circle merupakan gerakan memutar lengan sambil berdiri. Arm circle tergolong gerakan yang mudah dilakukan, tidak perlu menggunakan peralatan pendukung, serta dapat dilakukan dimana saja. Gerakan ini hanya memerlukan konsentrasi. Ibu hanya perlu melangkahkan kaki ke depan secara bergantian, kemudian kedua tangan diangkat serta digerakkan memutar. Sebagai manfaatnya, arm circle juga dapat membantu mengecilkan lemak yang ada di lengan. Lakukan gerakan ini selama 20 kali dan lakukan ke arah sebaliknya.

2.Dolphin plank

Untuk memulai gerakan dolphin plank ini, letakkan siku dan lengan bawah pada matras sehingga kedua kaki menjadi tumpuan tubuh. Kemudian, angkat bagian pinggul hingga tubuh membentuk V terbaik. Ketika melakukan gerakan dolphin plank, tahan posisinya dalam waktu 30 detik hingga satu menit, kembali ke posisi semula, lalu ulangi. Gerakan dolphin plank sangat baik bagi kesehatan punggung serta bahu.

  1. High knee skip

Terdapat satu lagi gerakan simpel yang dapat Ibu lakukan di rumah, namun tetap dapat menjaga kebugaran tubuh. High knee skip dapat Ibu lakukan dengan gerakan yang menyerupai lari di tempat. Ibu perlu melompat sembari mengangkat satu lutut setinggi mungkin secara bergantian. Gerakan ini bermanfaat baik untuk bagian bawah tubuh. Lakukan latihan ini dalam jangka waktu yang ditentukan atau di atas jarak yang ditentukan. Misalnya, Anda bisa melakukan high knee skip selama satu menit secara teratur, ya.

  1. Toe touch jack

Ketika melakukan gerakan toe touch jack, Ibu dapat memulai dengan berdiri dengan kaki dilebarkan, kemudian Ibu dapat melompat, jongkok serta menyentuh ibu jari kaki. Gerakan ini dapat dilakukan dimana saja karena tidak membutuhkan banyak ruang kosong saat melakukannya. Ulangi gerakan ini secara rutin misalnya dalam satu menit agar dapat membantu menyehatkan kaki serta menghilangkan lemak di bagian betis dan paha.

  1. Push up

Ibu tampaknya sudah familiar dengan gerakan yang satu ini. Push up dimulai dengan berbaring di lantai dengan lurus, setelah itu tubuh diangkat dengan bertumpu hanya pada kaki serta tangan. Push up juga mudah dilakukan dimana saja dan merupakan gerakan latihan yang baik untuk beberapa bagian tubuh, seperti bahu, dada, dan punggung.  

Artikel Terkait

Terbaru