@shutterstock

Hangout Room, Ide Ruang Bermain Anak di Rumah

Ruangan rumah yang semakin penuh sesak memang mudah membuat penat. Bayangkan saja setiap ingin ke mana-mana selalu dipenuhi barang-barang yang semakin lama semakin menumpuk. Kondisi seperti ini mudah sekali membuat jenuh. Padahal, harapannya rumah bisa menjadi tempat istirahat yang tenang baik bagi Anda sendiri maupun si kecil.

Melihat keadaan yang seperti ini, ada baiknya Anda menyiapkan satu ruang khusus untuk bersantai. Rosenya Faith, psikolog anak asal Australia menyebut ruangan ini sebagai hangout room. Ide lengkap untuk membuatnya simak berikut ini ya.

Siapkan cat dinding
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengosongkan semua isi ruangan tersebut terlebih dulu. Pilihlah cat dinding yang cerah dan membuat penghuni hangout room nyaman. Warna biru muda dapat menjadi pilihan. Warna ini dapat membuat pikiran lebih tenang bagi orang yang ada di dalamnya. Cat semua ruangan secara keseluruhan.

Dekorasi
Jika Anda memiliki ide untuk menggunakan dekorasi warna yang lebih beragam, silahkan diterapkan. Namun jangan sampai lebih dari dua jenis cat dinding dalam suatu ruangan. Kombinasi warna yang terlalu banyak justru dapat memunculkan pikiran yang lebih emosional. Sebaliknya kombinasi warna oranye muda pada satu dinding, biru muda pada bidang lainnya dapat menjadi pilihan. Dua sisi lainnya dapat Anda biarkan berwarna putih tulang. Berikan dekorasi awan pada latar warna biru untuk memberi kesan bebas.

Letakkan furniture
Setelah ruangan selesai dicat dan lantainya dibersihkan, mulai masukkan beragam perabot rumah tangga yang mendukung. Jangan asal dimasukkan karena tujuannya di sini adalah untuk membuat ruang santai. Berikan kursi sofa dua buah bermotif, kombinasikan dengan karpet yang kontras. Bisa juga meletakkan karpet lebar dengan bantal cantik untuk merebahkan badan. Atur sirkulasi udara dan pencahayaan agar mudah masuk dan membuat ruangan lebih nyaman.

Rak buku yang berisikan bahan bacaan anak-anak dan keluarga jangan sampai lupa untuk diletakkan. Sediakan pula meja kecil atau meja rendah untuk memudahkan si kecil mengerjakan tugas rumahnya. Sebagai pelengkap, beberapa sound active atau home teather dapat Anda letakkan dalam ruangan. Tambahkan beberapa minuman buah dan camilan yang sehat. Hangout room pun siap digunakan oleh si kecil dan keluarga.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait