Healthy Choice

Satu resto yang berlokasi di Pacific Place Jakarta ini menawarkan menu yang berbeda. Mengusung tema sehat, Healthy Choice mungkin jawaban untuk mereka yang memerlukan hidangan lebih sehat diluar rumah sewaktu berada mall atau pusat perbelanjaan. Seperti apakah hidangan sehat a la Healthy Choice itu?

Saya sempat berkunjung pada satu siang, ternyata mudah menemukannya, terletak dilantai 5 yang dikhususkan untuk resto dan café. Sejenak tidak ada perbedaan tampilan dengan resto lain, hanya saja resto ini juga menjual banyak jenis hidangan berlabel organik siap santap juga sayuran segar dan banyak lainnya.  Lebih dari itu, resto ini menjanjikan hidangan bebas MSG atau bebas dari bumbu tambahan sampai pestisida didalam menu hidangan. Dan khusus bagi mereka yang sedang ber-diet rendah gula atau sodium, beberapa hidangan diolah khusus sehingga dapat disantap dengan aman.

Beruntunglah bagi yang tidak berpantang atau sedang diet, ada banyak pilihan mulai dari sop sebagai pembuka sampai penutup hidangan yang manis. Kali ini sesi makan siang dibuka dengan lumpia goreng isi jamur tanpa daging yang disajikan dengan saus sambal. Lumpia renyah ini lebih mirip risol dengan isi bihun juga potongan sayur, disantap hangat ditambah sedikit sambal memang menyenangkan apalagi cuaca hujan yang dingin. Rupanya ketidak hadiran daging tidak memberi perubahan yang berarti dibanding citarasa khas lumpia rebung dan ayam.

Sejenak mengambil waktu untuk minum teh es yang segar tanpa gula, hadir menyegarkan tanpa rasa pekat juga pahit lumayan membantu mengurangi sisa sensasi gorengan dari lumpia sebelumnya. Sekarang giliran satu menu andalan yaitu Caesar Turkey Wrap yaitu gulungan daging kalkun dengan sayur berbahan kulit roti a la burrito. Dengan dressing atau saus salad, menu ini terlihat sederhana juga tidak terlalu besar porsinya; cukup untuk jadi makan siang yang pas memberi energi untuk melanjutkan aktifitas disisa hari.

Menu lain yang juga menjadi andalan ialah Classic Laksa, lengkap dengan sambal, emping dan potongan jeruk nipis. Ini adalah sesuatu yang berbeda karena jelas hidangan termasuk kategori kelas berat, apalagi berkuah santan dan berisi berbagai bahan seperti daging ikan dan lainnya. Lagi-lagi cuaca hujan nan dingin jadi motivasi untuk segera mencicip dan menikmatinya. Tidak jauh dari harapan, laksa dengan bihun dan rasa khas Melayu sudah jadi pilihan pas berselera.

Sepertinya segelas es teh ataupun air alkaline punya tugas berat untuk menenangkan perut setelah tiga hidangan sebelumnya. Tidak perlu tunggu sesi selesai maka Yoguberry-pun jadi pilihan, yogurt segar dengan berbahan susu kedelai mungkin bisa membantu. Segelas yogurt dengan topping buah berry manis disajikan dingin, rasa asam mirip yogurt asli memiliki potongan jelly dibagian bawah. Dan setelah beberapa suapan, mulut pun siap dan perut siap bekerjasama untuk menu lezat berikutnya.

Sedang untuk hidangan terakhir adalah Steamed Chicken Garlic Ginger with Olive Rice. Mirip ayam hainan, kali ini didampingi nasi olive atau buah zaitun jadi ada nuansa hijau. Buah zaitun juga minyak yang dihasilkan selalu memberi kebaikan bagi kesehatan tubuh, jadi tidak heran jika ini juga menu andalan resto. Rasa ayam kukus dengan jahe juga bawang putih yang lembut dapat disantap berbareng sop dan sambal agar makin berselera. Terlihat jelas jika menu ini bertujuan untuk kebaikan sang tamu resto: ayam disajikan tanpa kulit, yang kita tahu memiliki lemak tinggi.

Kali ini benar-benar untuk hidangan penutup, sesuatu yang manis dingin tapi tidak berporsi besar. Creme Brulee sudah sangat terkenal karena citarasa yang kaya juga tekstur lembut yang menyenangkan. Tapi ini semua harus ‘dibayar’ mahal karena kandungan kalori tinggi, banyak orangpun menjadi segan untuk menyantapnya. Kali ini Healthy Choice menawarkan versi rendah kalori lengkap dengan tampilan asli, tekstur juga rasa yang tidak berbeda jauh. Ah, jelas sudah ini adalah satu pilihan (untuk) kesehatan yang memberi kepuasan dilidah dan perut dengan cara menyenangkan tanpa rasa bersalah. Tentu saja, tetap perlu diingat apapun yang sehat jika dikonsumsi secara berlebih akan memberi efek buruk; sayapun selesai dengan sesi makan siang untuk kembali beraktifitas.

Hidup sehat dimulai dari makanan sehat, pilihan ada ditangan Anda.

Selamat bersantap sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait