Hidangan Sehat & lezat untuk keluarga

Menyiapkan menu masakan yang lezat dan sehat untuk keluarga merupakan kewajiban para ibu. Bagi wanita karir keterbatasan waktu membuat tuntutan menu tidak hanya lezat dan sehat namun juga praktis. Jangan berkecil hati, lima pilihan resep praktis, sehat dan lezat berikut bisa menjadi rujukan Anda sebelum turun dapur.

Bukan hal yang mudah tentunya untuk menciptakan hidangan yang bergizi, lezat, sehat dan praktis. Diperlukan kecermatan para para ibu di dalam memilih menu masakan. Lantas, kira-kira masakan apa ya, hidangan yang lezat, sehat dan cepat dibuat? Yuk kita cermati satu persatu lauk berikut. Dijamin memenuhi kriteria di atas, dan  siapa tau salah satunya akan menjadi hidangan favorit keluarga Anda.

Sup Krim Tomat

Selain sebagai hidangan pembuka panas (hot appetizer) atau lauk pelengkap, sup krim tomat juga bisa disajikan sebagai menu sarapan karena di dalamnya mengandung unsur gizi yang lengkap, yaitu karbohidrat dari tepung terigu, vitamin dan mineral dari tomat, protein dari susu dan keju serta lemak dari margarin. Jika Anda ingin menyajikan sup krim tomat sebagai menu sarapan, tambahkan beberapa potong french bread atau garlic bread sebagai pelengkap penyajian. Ganti krim kental dengan susu tawar cair low fat jika menginginkan sup krim tomat yang lebih rendah lemak.

Bahan:

250 g tomat segar, cuci bersih, potong dadu kecil

1 lt kaldu daging

60 g jamur kancing, cincang

100 g pasta tomat/tomato pasta

2 sdm margarin

2 sdm tepung terigu

60 g keju cheddar, parut

100 ml krim kental

Bumbu:

50 g bawang bombay, cincang

2 siung bawang putih, cincang

¼ sdt pala bubuk

½ sdt lada halus

¼ sdt paprika bubuk

1 sdt garam halus

2 sdm seledri cincang

Cara Membuat:

1.      Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan tepung terigu, aduk hingga tepung kalis.

2.      Tuang kaldu, sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Tambahkan  jamur, tomat, pasta tomat, krim kental, lada, paprika, pala dan garam. Aduk rata.

3.      Masak hingga tekstur sup kental dan matang. Sesaat sebelum diangkat, tambahkan seledri cincang. Aduk rata. Angkat.

4.      Tuang sup ke dalam mangkuk saji. Sesaat sebelum disajikan, taburi dengan keju cheddar parut. Hidangkan hangat.

Untuk 5 Porsi

Tumis Buncis Daging Cincang

Lauk ini sangat mudah dibuat dan mengandung unsur gizi yang baik. Kombinasi lauk yang sempurna, dengan lauk ini, tubuh akan mendapat asupan vitamin, mineral, serat dari buncis.  Selain vitamin, lauk ini juga kaya protein dari daging. Pilih daginig sapi yang yang tidak mengandung banyak lemak agar lauk lebih sehat. Jangan lupa, cuci bersih buncis untuk menghilangkan kotoran sebelum dipotong-potong. Saat memasak, gunakan api besar dan masak sambil terus diaduk-aduk. Memasak sayuran dengan api besar membuat sayuran matang, namun masih terlihat hijau segar dan teksturnya crunchy.

Bahan:

200 g buncis, potong serong

150 g daging sapi cincang

50 g paprika merah, potong dadu

3 sdm minyak goreng

Bumbu:

40 g bawang bombay, cincang

3 siung bawang putih, cincang

1 sdm kecap inggris

2 sdm saus tiram

½ sdt lada bubuk

1 sdt garam halus

Cara Membuat:

1.      Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan daging sapi cincang, masak hingga daging berubah warna.

2.      Masukkan paprika merah, buncis, saus tiram, saus inggris, lada, dan garam. Masak sambil diaduk-aduk hingga semua bahan matang. Angkat. Tuang ke dalam pinggan saji. Hidangkan.

Untuk 4 Porsi

Ayam Goreng Balut Telur

Lauk ini sangat praktis, lezat, bergizi dan mudah dibuat.  Kaya akan protein, karena selain ayam sebagai bahan utama, masih ada unsur telur sebagai pembalutnya. Agar lebih praktis, potongan ayam bisa dibumbui jauh-jauh hari dan simpan di dalam kulkas. Saat akan digoreng, Anda tidak perlu repot lagi membumbui ayam, tinggal mencelupkan ke dalam kocokan telur dan menggorengnya. Pastikan ayam yang digunakan dalam kondisi segar. Ayam segar ditandai dengan tekstur daging kenyal, tidak berlendir, beraroma segar khas ayam dan  tidak ada bercak kebiruan. Jika memungkinkan, gunakan ayam kampung atau ayam organik, jenis ayam ini lebih sehat karena kandungan lemaknya tidak terlalu banyak.

Bahan:

1 ekor ayam, potong menjadi 12 bagian

3 butir telur asin mentah, kocok lepas

Minyak untuk menggoreng

Bumbu:

5 siung bawang merah, haluskan

4 siung bawang putih, haluskan

1 sdm air jeruk nipis

1 sdt ketumbar bubuk

½ sdt paprika bubuk

½  sdt lada bubuk

1 sdt garam halus

Cara Membuat:

1.      Bumbui potongan ayam dengan bawang merah, bawang putih, lada, garam, ketumbar bubuk, paprika bubuk, lada, garam dan air jeruk nipis. Diamkan beberapa saat agar bumbu meresap.

2.      Celupkan potongan ayam berbumbu ke dalam kocokan telur asin. Goreng di dalam minyak hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat. Atur di atas piring saji. Hidangkan hangat.

Untuk 12 Potong

Tahu Masak Pedas

Cita rasa pedas membuat lauk ini sangat menggugah selera. Unsur tahu sebagai bahan utama sangat kaya protein nabati. Untuk variasi, Anda bisa mengganti bahan tahu dengan tempe. Agar lebih sehat, pilih tahu yang berwarna putih, karena tahu kuning seringkali menggunakan pewarna. Perhatikan tekstur tahu, tahu segar  terasa kenyal saat ditekan, tidak berlendir dan beraroma khas tahu segar (tidak terlalu asam).

Bahan:

150 g tahu putih, potong dadu

100 g tauge

1buah tomat, potong dadu

4 sdm minyak goreng

Bumbu:

5 siung bawang merah, haluskan

4 siung bawang putih, haluskan

5 buah cabe merah keriting, haluskan

2 cm lengkuas, memarkan

2 cmjahe, memarkan

1 lembar daun salam

1 batang serai memarkan

1 sdt gula pasir

1 sdt garam halus

Cara Membuat:

1.      Panaskan minyak, tumis semua bumbu-bumbu hingga harum. Masukkan potongan tahu, masak sambil diaduk-aduk hingga tau berubah warna.

2.      Masukkan tauge dan tomat. Masak hingga semua bahan matang. Angkat. Tuang ke dalam pinggan saji. Hidangkan.

Untuk 4 Porsi

Cah Jamur Brokoli

Kombinasi yang sempurna, tekstur lembut jamur terasa pas dengan kesegaran brokoli. Tambahan saus tiram dan bawang putih sebagai bumbu dasar membuat masakan ini beraroma harum dan lezat. Ditilik dari sisi nutrisi, masakan cah jamur brokoli juga kaya akan vitamin, mineral dan serat. Unsur jamur membuat hidangan ini juga kaya akan protein nabati. Cocok disajikan sebagai lauk harian keluarga. Jangan lupa, cuci dan rendam potongan brokoli di dalam larutan air garam agar ulat dan kotoran di dalam kuntum brokoli keluar. Jangan memasak terlalu lama karena tekstur brokoli akan menjadi terlalu lunak dan rusak kandungan nutrisinya. Memasak jamur terlalu lama juga akan membuat cairan di dalam jamur keluar dan tekstur jamur menjadi liat.    

Bahan:

200 g brokoli, potong menurut kuntum

150 g jamur tiram, potong-potong

50 g paprika merah, potong dadu

60 ml air

½ sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

3 sdm minyak goreng

Bumbu:

40 g bawang bombay, cincang

3 siung bawang putih, cincang

2 sdm saus tiram

1 sdt minyak wijen

1 sdm kecap asin

½ sdt lada halus

½ sdt gula pasir

1 sdt garam halus

Cara Membuat:

1.      Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan jamur, masak hingga jamur layu.

2.      Tuang air, saus tiram, larutan tepung maizena dan bumbu lainnya. Masak hingga air mendidih.

3.      Masukkan brokoli dan paprika, masak sambil diaduk-aduk higga semua bahan matang. Angkat. Tuang ke dalam pinggan saji. Hidangkan hangat.

Untuk 4 Porsi

Share artikel ini:

Artikel Terkait