vote

Hindari 4 Hal Ini Jika Ingin Jadwal Makan Untuk Diet Sukses

Untuk mendapatkan berat badan ideal, ada banyak cara yang bisa Ibu lakukan. Salah satunya dengan menyusun jadwal makan agar waktu makan serta asupan makanan dapat lebih terkontrol.

  • Rate Artikel ini

Untuk mendapatkan berat badan ideal, ada banyak cara yang bisa Ibu lakukan. Salah satunya dengan menyusun jadwal makan agar waktu makan serta asupan makanan dapat lebih terkontrol. Meski begitu, beberapa perilaku di bawah ini perlu dihindari karena dapat merusak jadwal makan Ibu selama menjalani program diet, loh.

  1. Mengemil sebelum makan

Mengemil memang diizinkan selama Ibu menjalani program diet. Tetapi, waktu mengemil tetap perlu diperhatikan. Salah waktu mengemil dapat menyebabkan jadwal makan untuk diet yang Ibu susun menjadi berantakan. Misalnya, apabila Ibu mengemil sesaat sebelum makan besar. Hal ini membuat Ibu cenderung kenyang sebelum menyantap makanan besar. Jadwal makan besar yang mundur pun akhirnya akan berpengaruh pada rasa lapar pada jam makan selanjutnya. Usahakanlah untuk mengemil di antara dua waktu makan besar dan pilih camilan sehat yang rendah kalori.

  1. Olahraga setelah makan

Olahraga dikenal sebagai aktivitas yang membakar lemak sehingga baik untuk membantu menurunkan berat badan. Aktivitas yang mendukung program diet ini terkadang membuat Ibu bingung, terutama makanan apa yang harus dikonsumsi saat hendak berolahraga. Agar tidak sakit perut saat berolahraga, Ibu perlu memberi jeda agar perut dapat mencerna makanan dengan baik. Hindarilah untuk makan besar sebelum berolahraga. Makanan terbaik yang Ibu dapat konsumsi sesaat sebelum berolahraga adalah camilan, misalnya buah-buahan dalam jumlah yang cukup.

  1. Menghilangkan satu waktu makan

Mengatur porsi makan adalah solusi tepat untuk Ibu yang sedang menyusun jadwal makan untuk diet. Menghilangkan satu waktu makan besar, misalnya sarapan, tidak dianjurkan. Selain tidak baik untuk diet, melewatkan sarapan juga akan berpengaruh terhadap produktivitas Ibu pada kehidupan sehari-hari. Walaupun Ibu merasa tidak terlalu lapar saat malam hari, Ibu dapat mengonsumsi makanan dengan porsi kecil agar kebutuhan nutrisi harian Ibu dapat tetap terpenuhi.

  1. Menghilangkan zat gizi tertentu

Aneka zat gizi diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kebugaran serta menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit. Zat gizi yang diperlukan tubuh di antaranya seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral. Pada saat menyusun jadwal makan untuk diet, usahakan untuk membuatnya seimbang. Menghilangkan zat gizi tertentu, misalnya seperti karbohidrat atau lemak, tentunya membuat kebutuhan nutrisi harian Ibu menjadi tidak tercukupi. Cermati porsi yang sesuai merupakan solusi yang tepat agar Ibu tetap memperoleh gizi yang cukup, namun tetap dapat menurunkan berat badan.

Artikel Terkait

Terbaru