Ide Kreasi Barang Bekas untuk Aktivitas Liburan

Mulai kehabisan ide kegiatan untuk dilakukan si Kecil selama musim libur panjang? Tak perlu selalu mengajak si Kecil jalan-jalan lho, Bu. Coba ajak ia berkreasi dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Berikut ini adalah kreasi barang bekas dangan kemasan susu aneka bentuk yang dapat si Kecil buat sendiri di rumah. Coba, yuk!

 

Kotak Alat Tulis

Seusai liburan si Kecil akan kembali bersekolah. Ajak si Kecil membuat tempat untuk menyimpan alat tulis di meja belajarnya dari kotak susu.

 

Bahan dan alat:

  • Beberapa kotak bekas susu bubuk
  • Gunting
  • Penggaris dan pensil
  • Double tip/lem
  • Kertas polos atau kertas kado bermotif

Cara membuat:

  1. Potong bagian atas kotak dengan tinggi berbeda-beda. Misalnya, 1 kotak setinggi 10cm dan kotak lainnya setinggi 15cm. Agar rapih, bisa menggunakan pensil dan penggaris untuk menandai bagian kotak yang hendak dipotong.
  2. Minta si kecil untuk membungkus kotak yang telah dipotong, bisa dengan kertas polos atau dengan kertas kado bermotif
  3. Arahkan si kecil untuk berkreasi menyusun kotak-kotak tersebut menjadi satu kesatuan tempat alat tulis, misalkan satu kotak kecil sebagai tempat alat tulis dan kotak lainnya sebagai tempat kertas origami atau lainnya. Eratkan semua kotak dengan menggunakan lem atau double tip.
  4. Kotak siap digunakan untuk menyimpan alat tulis dengan berbagai tinggi dan bentuk.

 

Jurnal Liburan

Agar liburan semakin berkesan, yuk ajak si Kecil membuat jurnal liburan agar ia bisa menulis pengalaman liburannya atau menempelkan foto liburan.

 

Bahan-bahan:

  • Kotak susu bubuk
  • Stapler
  • Lakban atau masking tape
  • Kertas

Cara membuat:

  1. Gunting kotak susu sesuai ukuran jurnal yang diinginkan. Karton kotak susu akan menjadi bagian sampul jurnal.
  2. Gunting kertas dengan ukuran yang sama dengan karton kotak susu. Si Kecil juga dapat menggunakan bagian yang kosong dari kertas bekas pengumuman sekolah.
  3. Susun karton kemasan susu mengapit kertas-kertas halaman jurnal. Pastikan yang menghadap luar adalah bagian dalam karton kemasan susu.
  4. Buat sampul dengan menempelkan karya si Kecil di atas karton atau biarkan si Kecil menghias sendiri sampul jurnalnya.
  5. Satukan dengan menggunakan stapler di satu bagian tepi jurnal.
  6. Lapisi bagian yang terdapat stapler dengan lakban atau masking tape.
  7. Jurnal liburan siap diisi berbagai cerita dan foto seru liburan si Kecil.

 

Pot Tanaman

Ingin mengenalkan si Kecil dengan kegiatan berkebun? Supaya lebih seru, ajak si Kecil membuat pot tanaman menggunakan kemasan susu cair. Material cocok dijadikan pot tanaman karena bahannya kedap dan ukurannya sesuai.

 

 

Bahan dan alat:

  • Kemasan susu cair aneka ukuran
  • Masking tape
  • Cat akrilik
  • Cutter
  • Penghias seperti manik-manik atau kerang hiasan

Cara membuat

  1. Gunting salah satu sisi kemasan hingga terbuka sesuai tinggi yang diinginkan, bagian ini akan menjadi bagian atas pot.
  2. Bantu si Kecil membuat lubang air di sisi yang akan menjadi bagian dasar pot menggunakan cutter. Agar aman, pastikan Ibu saja yang mengerjakan bagian ini.
  3. Lapisi seluruh keliling kemasan susu dengan masking tape.
  4. Gunakan cat akrilik untuk menghias pot.
  5. Si Kecil juga dapat menghias pot dengan menempelkan ornamen seperti manik-manik atau kerang hiasan.
  6. Setelah kering, pot siap diisi media tanam dan bibit tanaman.
  7. Pilihlah bibit tanaman yang cepat tumbuh dan tidak sulit dirawat, seperti tomat ceri atau kemangi. Pilihan tanaman lain yang juga mudah dirawat si Kecil adalah kaktus hias atau sukulen.

Share artikel ini:

Artikel Terkait