Ikut Family Day Kantor, Yuk!

Sekarang ini hampir setiap perusahaan, apalagi jika merupakan perusahaan besar, selalu diadakan hari keluarga atau yang dikenal sebagai Family Day maupun Family Gathering. Acara semacam ini akan melibatkan anggota keluarga inti karyawan dalam berbagai aktivitas seru yang diadakan di lingkungan kantor atau sengaja diselenggarakan di suatu tempat tertentu untuk menambah keseruan acara. Tujuannya selain untuk refreshing juga untuk menambah keakraban antar karyawan di perusahaan tadi.

Pada acara Family Day selain hiburan, biasanya panitia juga menyiapkan aktivitas yang bisa diikuti seluruh anggota keluarga. Lomba menggambar untuk anak-anak atau berbagai lomba seru lainnya untuk para orangtua. Tempat yang dipilih pun biasanya dipilih yang dapat menambah keseruan, misalnya di waterpark atau taman yang luas agar aktivitas bisa dilakukan dengan leluasa.

Terlepas apakah ini hanya  tren sesaat atau sebuah aksi kesadaran kolektif yang mendalam tentang pentingnya Family Day, tapi intinya ini bagus, sejauh dikelola dengan baik dan memberi manfaat bagi banyak pihak.

Manfaat kegiatan ini tentunya tergantung pada aktivitas apa yang kita lakukan dalam Family Day kantor. Untuk manfaat yang sifatnya kelihatan mata (bersifat fisik atau materi) dan levelnya di permukaan (superficial), ini pasti bisa didapat semua orang dan sifatnya otomatis. Tapi untuk manfaat yang sifatnya tidak kelihatan mata (non-fisik atau nilai-nilai) yang levelnya di dalam (kualitas insani), maka ini tidak didapat oleh semua orang dan tidak pula bisa didapatkan secara otomatis.

Demikian juga manfaat dari acara semacam Family Day ini. Manfaatnya yang fisik dan permukaan, pasti bisa didapatkan semua orang yang ikut. Kita bisa menikmati menu yang lezat, destinasi yang mengagumkan, keceriaan perjalanan, kesenangan bisa saling berkenalan, keseruan kegiatan, kebahagiaan karena terbebas dari beban, dan lain-lain. Tapi untuk manfaat yang menentukan kualitas insani atau perubahan yang lebih baik, yang tidak kelihatan, yang tidak langsung bisa dirasakan, maka ini tidak didapatkan kecuali bagi kita yang menggalinya atau menciptakan makna-maknanya.

Jadi sebaiknya karyawan dan anggota keluarganya berperan aktif dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan ketika Family Day, agar manfaat yang didapat dari kegiatan ini menjadi maksimal. Anak-anak bisa berkenalan dengan teman-teman baru, belajar bersosialisasi, belajar berani berkompetisi dalam lomba, atau belajar untuk berani tampil apabila ada aktivitas yang memang sesuai. 

Bagi karyawan perusahaan itu sendiri biasanya dalam Family Day sering diadakan berbagai lomba tim dimana tim tadi mewakili divisi tertentu. Dengan ikut serta dalam kegiatan seperti ini, karyawan akan belajar bekerjasama dengan anggota timnya, yaitu kolega kerjanya, melalui aktivitas yang seru dan menyenangkan.

Bagi karyawan dan keluarganya pun ada manfaat yang bisa didapat. Mereka bisa berkumpul dan beraktivitas bersama-sama sekaligus lebih mengenal lingkungan kerja si Ayah atau si Ibu. Dan semuanya dikemas dalam satu hari penuh kegiatan dan hiburan seru dan menyenangkan.

Jadi, jangan lewatkan acara Family Day di kantor. Ajak keluarga Anda bersenang-senang dan mengenal perusahaan tempat Anda bekerja.

Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait