Informasi Penting Bagi Yoga untuk Pemula

Bagaimanakah gerakan yang tepat untuk yoga pemula? Seperti yang sudah diketahui, yoga dapat mengembalikan kebugaran tubuh, tetapi harus dilakukan dengan cara yang tepat. Sebelum memutuskan untuk melakukan yoga, berikut pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh yoga pemula:

1. Apakah itu yoga?

Kata yoga berasal dari bahasa sanksekerta yang berarti kesatuan. Yoga merupakan metode untuk mengajarkan kedisiplinan. Praktek yoga telah dilakukan di India sejak 2000 tahun lalu. Komponen-komponen utama yoga adalah yamas (pengendalian), niyamas (ketekunan), asana (postur), pranayama (pernapasan), pratyahara (penarikan indra-indra tubuh), dharana (konsentrasi), dhyani (meditasi) dan samadhi (penyerapan). Kebanyakan yoga sekarang ini berfokus pada asana, yaitu melakukan postur-postur atau gerakan yang dapat memperkuat tubuh dan stamina. Yoga untuk pemula biasanya dipusatkan pada bagaimana melakukan postur yang baik dan benar.

2. Apa itu Hatha Yoga?

Kata 'Hatha' berarti kemauan atau keinginan. Hatha yoga merupakan gerakan-gerakan yoga yang didesain untuk harmonisasi kulit, tubuh dan tulang. Gerakan dalam jenis yoga ini didesain untuk membuka kanal-kanal tubuh sehingga energi dapat teralirkan dengan baik. Gerakan hatha yoga cukup mudah dilakukan sehingga cocok bagi yoga untuk pemula.

3. Berapa Kali Latihan yang Diperlukan Agar Mahir Yoga?

Dengan melakukan yoga selama satu jam setiap hari dalam seminggu, manfaatnya akan terasa. Namun disarankan bagi yoga untuk pemula untuk melakukannya dua atau tiga kali seminggu, masing-masing satu jam atau satu setengah jam. Bila sudah terbiasa, maka bisa menambah waktunya sedikit demi sedikit.

4. Mengapa yoga berbeda dari olahraga lain?

Tidak seperti senam atau fitness, yoga bukan sekedar latihan fisik. Yoga unik karena menghubungkan gerakan-gerakan tubuh dengan pikiran dan ritme pernapasan. Inilah yang membuatnya berbeda dengan olahraga lainnya. Manfaat yoga bisa langsung terasa ke tubuh karena saat melakukan latihan fisik, sistem pernapasan tubuh dan pikiran juga ikut bekerja.

5. Bila tubuh tidak lentur, bisakah melakukan yoga?

Tentu saja. Kebanyakan orang takut memulai yoga karena merasa tubuhnya tidak lentur dan nantinya akan sulit untuk melakukan gerakan-gerakan yoga. Padahal, gerakan yoga justru nantinya yang akan membuat tubuh menjadi lentur. Bagi yoga untuk pemula, lakukan gerakan-gerakan yang mudah dan tak perlu dipaksakan.

6. Apa yang diperlukan untuk memulai yoga?

Bagi yoga untuk pemula, yang diperlukan adalah tubuh yang siap untuk berlatih dan pikiran yang tenang. Untuk peralatan, kenakan celana khusus yoga agar mudah bergerak, dan kaus yang tidak terlalu longgar namun juga jangan terlalu ketat. Tidak diperlukan sepatu karena semua gerakan yoga dilakukan telanjang kaki. Meskipun terlihat tidak banyak gerakan, yoga bisa mengeluarkan banyak keringat, jadi tentunya perlu handuk kecil. Selain itu tentunya matras bila ingin melakukan latihan yoga sendiri di rumah.

7. Apa yang tidak boleh dilakukan sebelum yoga?

Perlu diketahui bagi yoga untuk pemula, sebelum melakukan olahraga ini sebaiknya tidak makan apapun 2-3 jam sebelumnya. Gerakan-gerakan yoga mengharuskan tubuh untuk bergerak ke kanan dan kiri, melipat tubuh, dan lain-lain. Bila sebelumnya telah makan dan makanan tidak tercerna dengan sempurna, maka akan membuat yoga terasa jadi tidak nyaman. Bila ingin tetap menjaga stamina dan mencegah lapar selama kelas yoga, boleh memakan makanan ringan seperti yogurt, kacang-kacangan atau buah-buahan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait