Inilah Alasan Harus Beralih dari Olahraga Aktif ke Yoga

Olahraga sangat penting untuk dilakukan agar tubuh selalu dalam keadaan sehat dan bugar. Bagi Ibu yang sudah rutin melakukan olahraga bahkan terbilang sebagai pecinta olahraga, tentu Ibu selalu melakukan olahraga minimal seminggu sekali atau bahkan setiap hari dengan rajin pergi ke gym atau tempat olahraga lainnya. Memang aktivitas fisik sangat menyehatkan. Namun terkadang aktivitas fisik yang berat membuat Ibu menjadi malas berolahraga. Padahal perlu Ibu ketahui, tidak semua olahraga harus melakukan aktivitas yang berat, misalnya saja seperti yoga.

Yoga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu olahraga yoga juga mampu menghilangkan racun dan mengurangi stress. Hmm.. masih kurang yakin dengan manfaat yoga? Berikut ini adalah beberapa alasan yang akan meyakinkan Ibu untuk beralih ke olahraga yoga.

 

Mengurangi Stres

Yoga merupakan cara yang tepat untuk berhenti sejenak dari rutinitas padat. Dengan melakukan yoga Ibu bisa menghilangkan beban pikiran yang menggangu. Gerakan yoga untuk pemula secara perlahan lahan akan membuat tubuh menjadi rileks dan santai. Apalagi jika diiringi dengan musik suara alam, seperti aliran air atau hembusan udara yang akan membuat Ibu menjadi sangat rileks. Saat beryoga, seluruh pikiran Ibu akan dibawa ke dalam alam relaksasi, sehingga pikiran dan emosi negatif akan keluar dengan sendirinya.

 

Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Untuk Ibu yang menghabiskan waktu kerjanya dengan hanya duduk lama di kursi meja kantor, tentu akan membuat otot-otot menjadi kaku. Gerakan-gerakan yoga untuk pemula kebanyakan membutuhkan fleksibilitas tubuh, sehingga terjadi peregangan (stretching) pada otot-otot yang kaku. Dengan rutin beryoga, maka keluwesan dan fleksibilitas tubuh serta persendian akan terjaga dan semakin meningkat. Yoga juga terbukti mampu membantu mencegah atau mengurangi masalah yang berhubungan dengan linu pada panggul.

 

Menjaga Kebugaran Tubuh dan Menambah Stamina
Dengan melakukan yoga, secara otomatis tubuh akan merasa lebih sehat dan bugar. Selain relaksasi, gerakan-gerakan pada yoga juga menstimulus setiap bagian tubuh anda untuk tetap bergerak secara aktif, sehingga Ibu akan merasa lebih bugar dari sebelumnya.


Membentuk Tubuh Ideal

Yoga juga cocok untuk Ibu yang ingin membentuk tubuh menjadi lebih ideal. Gerakan yoga untuk pemula yang berfokus pada beberapa bagian tubuh tertentu akan membantu proses pembakaran lemak dan terbentuknya otot-otot tertentu yang akan membuat bentuk tubuh terlihat semakin ideal.


Meningkatkan Gairah Seksual

Tahukah Bu, ternyata yoga juga bisa meningkatkan gairah seksual. Bagaimana bisa? Yoga bermanfaat untuk membantu kelancaran peredaran darah, sehingga membuat hormon-hormon dapat berfungsi secara normal, dan gairah seksual pun meningkat. Latihan yoga secara teratur juga akan meningkatkan kemampuan koneksi intim dengan pasangan.

 

Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Saat melakukan gerakan yoga untuk pemula, Ibu dituntut untuk berkonsentrasi penuh agar bisa melakukan gerakan-gerakan yoga tersebut dengan baik. Yoga juga dapat membantu mengoptimalkan fungsi kinerja otak menjadi lebih baik. Konsentrasi akan berbanding lurus dengan kemampuan daya ingat, jika konsentrasi meningkat makan dipastikan daya ingat pun juga akan meningkat dan lebih baik.

 

Memperbaiki Teknik Pernapasan

Yoga dapat membantu memperbaiki teknik pernapasan. Yoga mengajarkan Ibu untuk bernapas dengan panjang dan perlahan ketika Ibu benar-benar membutuhkannya, dengan memperluas kapasitas paru-paru untuk mendapatkan jumlah oksigen yang sama atau lebih banyak lewat tarikan napas yang lebih sedikit.

 

Resiko Rendah dari Cedera

Dengan aktivitas olahraga fisik yang Ibu lakukan sebelumnya, seringkali Ibu mengalami cedera atau rasa sakit pada tubuh atau otot setelah berolahraga. Hal ini berbeda pada yoga, karena yoga mengajarkan untuk berhubungan lebih dekat dengan isyarat dan menghargai batas kekuatan tubuh sendiri. Tentu ini lebih baik, dibanding Ibu mengabaikan rasa sakit dan tidak nyaman tersebut. Yoga bisa mempercepat penyembuhan sekaligus mengurangi resiko cedera yang diakibatkan oleh kegiatan olahraga

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait