@shutterstock

4 Komponen Pembangun Gaya Hidup Sehat

Menikmati keindahan alam, makan enak setiap hari, bisa kumpul dengan teman, adalah hal yang selalu menjadi harapan banyak orang. Mereka selalu berharap gaya hidup semacam itu bisa dinikmati setiap hari. Sayangnya, harapan tak bisa terjadi dengan begitu saja. Perlu adanya upaya untuk memulai hidup sehat. Sebab, hanya dengan tubuh yang sehat, Ibu dan keluarga bisa menikmati indahnya hidup setiap saat.

Untuk memulainya, perhatikan komponen gaya hidup sehat berikut ini.

1. Kegiatan fisik dan olahraga
Komponen pertama yang bisa dilakukan untuk menjalani hidup sehat adalah rutin bergerak. Sesibuk apapun pekerjaan, jangan pernah sampai berdiam diri saja sepanjang hari. Banyak-banyaklah menggerakkan tubuh. Jika aktivitas Ibu lebih banyak duduk di kantor, maka imbangi dengan jalan kaki saat perjalanan menuju ke sana atau mungkin sebatas jalan-jalan keliling kantor saat jam istirahat tiba. Sore hari atau akhir pekan, bisa Ibu gunakan untuk olahraga bersama si kecil dan keluarga.

2. Makan sehat
Komponen yang satu ini wajib ada dalam agenda hidup sehat. Apa lagi kalau bukan makan sehat. Asupan yang bergizi tidak hanya menjadi sajian lezat yang selalu enak untuk disantap. Lebih dari itu, makanan ini diperlukan tubuh untuk membentuk energi agar aktif bergerak sepanjang hari. Pilihlah asupan dengan gizi lengkap, seperti beras merah, daging, telur, ikan, sayuran dan buah-buahan serta sumber nutrisi lainnya. Makanlah secara rutin dan tepat pada waktunya.

3. Kebutuhan istirahat
Usai menjalani aktivitas sepanjang hari, tubuh tentu akan menjadi lelah dan perlu istirahat. Manfaatkan malam hari untuk mengistirahatkan diri. Jangan terlalu memforsir diri, sebab bagaimanapun juga tubuh perlu memulihkan stamina agar bisa kembali fit keesokan harinya. Istirahat atau tidur malam hari, menjadi komponen pelengkap gaya hidup sehat selain makan sehat dan olahraga teratur.

4. Interaksi sosial
Jika tiga komponen utama gaya hidup sehat sudah Ibu penuhi, kini tinggal berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Maksudnya, untuk mewujudkan gaya hidup yang benar-benar sehat, Ibu juga perlu berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Kebahagiaan tidak hanya datang dari dalam diri. Interaksi sosial dapat membantu memecahkan kebuntuan berpikir kala diri tak mampu menyelesaikannya sendiri. Dengan begitu, Ibu tak mudah mengalami stres dan lebih bahagia saat menjalani hidup.

Itulah komponen utama yang perlu dipenuhi supaya gaya hidup sehat benar-benar bisa Ibu miliki bersama si kecil dan keluarga.

Share artikel ini:

Artikel Terkait