10 Langkah Cepat Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Mengecilkan perut bisa dilakukan dengan olahraga yang teratur dikombinasikan dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi sehat. Kelebihan lemak di perut disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang berolahraga dan mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung kalori. Banyak olahraga sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu mengecilkan perut, seperti berjalan kaki, lari atau bersepeda. Namun bila ingin melihat perubahan yang lebih cepat, sebaiknya melakukan senam mengecilkan perut dengan gerakan yang langsung berefek pada otot-otot perut. Berikut adalah 10 senam mengecilkan perut yang dapat dilakukan di rumah.

1. Sit up

Senam mengecilkan perut yang satu ini bermanfaat untuk otot perut bagian atas. Baringkan tubuh di lantai/matras, tekuk lutut. Taruh kedua tangan di kepala, belakang telinga untuk membantu gerakan. Tarik bahu menjauh dari lantai menggunakan otot perut, sambil bernapas secara teratur. Lakukan sit up 15-25 kali setiap hari untuk mengencangkan otot-otot perut.

2. Crunch and Twist

Gerakan yang satu ini selain membantu mengecilkan perut juga mengencangkan otot-otot panggul. Gerakannya hampir sama dengan sit up, namun saat mengangkat tubuh keatas, putar pinggang ke kiri dan kanan secara bergantian. Lakukan gerakan 10-15 kali.

3. Pike and Extend

Senam mengecilkan perut yang satu ini dilakukan dengan cara berbaring di lantai/matras, lalu angkat kedua kaki hingga sejajar dengan pinggul, dan kedua tangan menarik tubuh ke arah kaki. Lalu turunkan tangan keatas kepala, sambil menurunkan salah satu kaki. Lakukan bergantian sebanyak 20 kali.

4. Plank

Plank merupakan salah satu senam mengecilkan perut yang paling efektif, karena langsung menargetkan otot-otot di sekitar perut. Plank juga sangat baik untuk punggung dan memperbaiki postur tubuh. Awali dengan menempatkan siku Anda di lantai, tepat sejajar dengan bahu. Telapak tangan posisikan rata dengan lantai. Tumpu bagian bawah tubuh dengan ujung kaki, dan pastikan bentuk tubuh lurus dari ujung kaki hingga kepala. Tahan posisi ini selama 20 detik, kemudian tambah menjadi 60 detik. Ulangi 2-3 kali.

5. Hip Lifts

Berbaringlah di lantai seperti posisi Pike and Extend. Kali ini, angkat pinggul menggunakan otot perut, tahan lalu kembalikan ke posisi semula. Ulangi sebanyak 15 kali.

6. Side Plank

Posisinya hampir sama seperti plank, namun menyamping dan hanya tangan kiri/kanan yang menumpu berat badan tubuh secara bergantian. Tahan posisi selama mungkin, mulai dari 20 detik hingga 60 detik, kemudian pindah ke sisi lainnya. Lakukan berulang kali.

7. Leg Drop

Senam mengecilkan perut yang satu ini cukup mudah. Berbaringlah di lantai/matras lalu angkat kaki hingga sejajar dengan pinggul 90 derajat. Kemudian, secara perlahan turunkan kedua kaki secara perlahan namun jangan sampai menyentuh lantai. Tahan posisi ini beberapa saat kemudian kembalikan kaki ke posisi semula. Lakukan sebanyak 10 kali.

8. Seated Leg U's

Untuk melakukan gerakan ini, awalnya duduk di lantai/matras lalu tekuk kedua lutut. Letakkan kedua tangan di belakang pinggul Anda, dan sandarkan badan sedikit ke belakang untuk mengangkat kedua kaki dari lantai. Selanjutnya, luruskan kaki tanpa mengubah posisi bagian atas tubuh. Kembalikan kaki ke posisi semula, dan ulang gerakan ini sebanyak 20 kali.

9. Mountain Climber

Awali dengan posisi push-up, kedua telapak tangan menghadap lantai sejajar dengan bahu dan luruskan kaki dan tubuh. Tekuk kaki kanan ke arah dada, lalu kembalikan posisi semula. Lakukan bergantian dengan kaki kiri. Ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali.

10.Torso Twist

Berdiri di lantai, posisikan kaki selebar pinggul. Angkat kedua tangan di sisi tubuh (sejajar bahu), lalu tekuk sikut agar kepalan tangan tepat berada di samping telinga. Selanjutnya, angkat lutut kiri mengarah ke siku kanan sambil memutar torso. Ulangi gerakan dengan lutut kanan. Lakukan gerakan ini sebanyak 15-20 kali.

Share artikel ini:

Artikel Terkait