3 Ide Kreatif Menu Sate yang Bisa Ibu Coba di Rumah!

Sate adalah salah satu makanan khas Indonesia yang banyak penggemarnya. Biasanya, sate terbuat dari daging ayam, kambing, atau sapi. Tapi Ibu juga dapat membuat sate lezat dari sumber protein lainnya, lho. Misalnya sate ikan, sate tahu, atau sate tempe. Mau tau apa manfaat dari penggunaan bahan-bahan tersebut dan bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

  1. Sate Bandeng

Ikan bandeng, atau yang dalam bahasa Inggris disebut milkfish, adalah sumber protein yang baik karena juga mengandung Omega 3, DHA, vitamin A, vitamin B kompleks, selenium, fosfor, kalsium dan zat besi. Nutrisi yang terkandung dalam ikan bandeng dapat membantu menurunkan risiko osteoporosis, tekanan darah tinggi, juga baik bagi kesehatan tulang serta gigi, kesehatan mata dan meningkatkan fungsi kognitif.

Sate Bandeng biasanya dikenal sebagai makanan khas Banten. Untuk membuat sate bandeng sendiri di rumah, Ibu membutuhkan 2 ekor ikan bandeng, 60 gr kelapa parut, garam, gula, air rebusan asam jawa, 2 butir telur dan 100 gr santan. Haluskan pula bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, ketumbar, lengkuas dan cabai keriting.

Berbeda dengan sate biasa yang dagingnya tinggal dipotong-potong dan ditusuk, untuk membuat sate bandeng Ibu perlu memisahkan daging ikan dari tulangnya dan sangrai hingga matang. Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan tambahkan daging bandeng serta kelapa sangrai berikut bumbu lainnya. Kocok telur dan tambahkan dengan daging bandeng serta santan. Kemudian kepal campuran daging bandeng di tusuk yang terbuat dari bambu dan panggang sampai matang.                                                                                           

  1. Sate Tahu

Tahu, yang terbuat dari kacang kedelai, merupakan sumber protein yang juga mengandung 8 jenis asam amino esensial. Selain itu, tahu juga merupakan sumber zat besi, kalsium, mangan, selenium, fosfor, magnesium dan vitamin B1.

Mengolah tahu menjadi sate tidak sulit dan Ibu bisa berkreasi dengan berbagai macam resep. Yang paling mudah adalah dengan menggunakan resep sate ayam, tapi diaplikasikan untuk tahu. Ibu tinggal potong-potong tahu putih dan goreng agar tidak mudah hancur. Kemudian, buat bumbu kacang seperti bumbu sate biasa, tambahkan kecap sesuai selera. Rendam potongan tahu di bumbu tersebut sebelum ditusuk dengan tusuk sate dan dipanggang di wajan.

  1. Sate Tempe

Sama seperti tahu, tempe adalah sumber protein yang terbuat dari kacang kedelai sehingga tempe juga kaya akan nutrisi dan manfaat dari kacang kedelai. Sebagai tambahan, karena mengalami proses fermentasi dalam pembuatannya, tempe juga mengandung probiotik yang baik bagi kesehatan pencernaan kita.

Untuk membuat sate tempe, pertama-tama Ibu perlu membuat bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih dan ketumbar, kemudian tumis dengan ditambah santan. Kemudian masukkan tempe yang sudah dipotong-potong dan masak hingga bumbu meresap. Tusuk tempe dengan tusuk sate dan oles dengan kecap manis sebelum dipanggang di wajan.

Sebenarnya, untuk membuat sate dengan daging ikan, tempe atau tahu, bisa Ibu berkreasi dengan berbagai resep. Misalnya dengan membuat sate tahu dan sate tempe ala barbecue dengan menambahkan potongan paprika serta bawang bombai dan olesi dengan bumbu barbecue. Membuat sate daging ikan juga bisa dengan menggunakan ikan jenis lain, lho. Misalnya resep sate pentul Bali ala Sahabat Nestlé yang menggunakan daging ikan kakap. Yuk Bu, buat kreasi sate yang lezat sekaligus bergizi tinggi untuk keluarga tercinta. Atau ibu punya ide menu sate yang kreatif lainnya? Share di kolom komentar ya Bu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait