3 Kreasi Bakso yang Mudah Dibuat di Rumah

Bakso yang umum disantap oleh orang Indonesia seringkali identik dengan jajanan di pinggir jalan yang kurang sehat dan mengandung bahan pengawet. Padahal bakso bisa dengan mudah dibuat sendiri di rumah untuk memastikan kandungan gizi dan kebersihannya. Selain itu, ibu juga dapat berkreasi membuat bakso dari berbagai bahan yang sehat dan bergizi, seperti tempe.  Yuk, simak cara membuat bakso dari berbagai bahan beserta dengan kandungan gizinya berikut ini. 

  1. Bakso Tempe

Tempe merupakan sumber protein yang juga mengandung 8 jenis asam amino esensial. Selain itu, karena ada proses fermentasi dalam pembuatannya, tempe juga mengandung probiotik yang baik bagi kesehatan pencernaan.

Selain untuk langsung disantap, ternyata tempe bisa diolah menjadi bakso lho, Bu. Untuk membuat bakso tempe Ibu tinggal potong dadu 1 papan tempe dan kemudian haluskan. Tambahkan 2sdm tepung terigu, 75gr tepung sagu, 1 butir telur, bawang putih, merica, garam sesuai selera. Aduk semua bahan hingga merata dan bentuk menjadi bulatan kecil. Panaskan air dan rebus bakso tempe hingga matang dan mengapung.

  1. Bakso Ikan Tenggiri

Ikan kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Ikan adalah sumber protein dan vitamin D yang baik dan ikan juga mengandung DHA dan Omega 3 yang baik bagi kesehatan otak dan mata si Kecil. Selain banyak manfaatnya bagi tubuh, ikan juga lezat dan mudah diolah, menjadikan ikan bahan yang tepat untuk digunakan dalam membuat bakso sendiri.

Memilih jenis dan kualitas ikan penting untuk menghasilkan bakso ikan yang lezat dan bergizi. Ibu bisa memilih ikan yang tekstur dagingnya kenyal seperti ikan tenggiri gepeng yang masih segar agar bakso yang dibuat memiliki tekstur yang pas.

Campurkan 1kg daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dengan 100cc air es, 5 putih telur, 5sdt minyak goreng dan bumbu garam, merica, kecap ikan bawang putih sesuai selera. Masukkan 250gr tepung sagu sedikit demi sedikit terus diuleni hingga adonan tercampur rata. Rebus air dan masukkan adonan yang sudah dibuat menjadi bulatan-bulatan ke dalam air rebusan. Masak hingga bakso ikan tenggiri matang dan mengapung.

  1. Bakso Ayam Wortel

Sebagai variasi rasa dan tambahan nutrisi, Ibu bisa menambahkan bahan lain ke dalam adonan bakso Ibu, lho. Misalnya membuat bakso ayam wortel. Wortel mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan mata dan daya tahan tubuh. Selain itu wortel juga mengandung serat yang baik bagi kesehatan pencernaan.

Untuk membuat bakso ayam wortel, Ibu bisa memasukkan 250gr daging ayam yang sudah digiling halus ke dalam wadah dan tambahkan parutan 2 buah wortel, 1 butir telur, 3sdm tepung tapioka, dan merica, garam, bawang putih sesuai selera. Aduk hingga adonan ini rata dan bulatkan. Panaskan air dan rebus adonan bakso ayam wortel yang sudah dibulatkan hingga matang dan mengapung.

Untuk membuat bulatan bakso dari adonan, Ibu dapat menggunakan tangan dengan cara menggenggam sebagian adonan kemudian menekan jari telunjuk dan jempol Ibu hingga adonan keluar sedikit diantara kedua jari membentuk bulatan. Cara lainnya, Ibu juga dapat menggunakan 2 buah sendok untuk membantu membentuk bakso. Selamat mencoba di rumah, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait