3 Langkah Pintar Baca Label Nutrisi

Zaman semakin berkembang, beragam makanan pun kini dapat dijumpai beraneka macam. Mulai dari yang berasa manis, asam, asin hingga gurih dapat ditemukan dengan mudah. Teknologi pun turut mempengaruhi perkembangan pangan. Jika dahulu, orang hanya mampu membeli makanan yang hanya bisa dikonsumsi dalam satu kali saja, maka tidak dengan sekarang. Makanan sudah dipasarkan dalam bentuk kemasan, sehingga dapat dinikmati kapanpun dan di manapun Anda berada.

Kabar baiknya lagi, setiap makanan kemasan sekarang sudah menyertakan label nutrisi. Anda pun lebih mudah dalam memahami apa saja yang terkandung di dalamnya. Demikian pula dengan takaran masing-masing nutrisi yang tersaji, juga dapat diamati dalam label nutrisi. Supaya Anda lebih mudah untuk memahami nutrisi dalam makanan atau minuman kemasan tersebut, simak cara pintar membaca label nutrisi dari Food and Drug Administration, Amerika Serikat, berikut ini ya.

Fokus Pertama: Porsi Sajian

Porsi sajian atau takaran penyajian selalu berada dalam urutan pertama sebuah label nutrisi. Cermati dengan baik porsi yang diperbolehkan dalam sekali sajian. Beberapa produk kemasan menganjurkan untuk memakan satu kemasan saja, namun beberapa produk yang lain justru menganjurkan lebih dari satu kemasan. Aturan ini disesuikan dengan ukuran makanan dan komposisi yang digunakan dalam pembuatan produk ini.

Fokus kedua: Kalori

Yang perlu Anda perhatikan berikutnya adalah kalori. Banyak sedikitnya kalori yang Anda makan akan berpengaruh terhadap aktivitas Anda. Semakin banyak kalori yang Anda makan, maka akan mudah  menjadikan Anda kenyang dan malas-malasan. Dari jumlah kalori total ini, Anda akan paham alasan kenapa saran penyajiannya dianjurkan satu kemasan atau lebih. Bila jumlah kalorinya cukup besar, biasanya Anda hanya cukup makan satu kemasan saja.

Fokus ketiga: Kandungan Nutrisi

Fokus yang ketiga tentang berapa besar kandungan masing-masing nutrisi yang ada dalam satu kemasan baik minuman atau makanan. Secara umum daftar nutrisi yang dijadikan acuan sama dalam setiap kemasan. Bedanya hanya berapa banyak nutrisi yang dapat disumbangkan per kemasannya. Nutrisi ini ditulis dalam satuan gram atau mg.

Inilah tiga langkah pintar yang dapat Anda manfaatkan untuk memahami label nutrisi secara cepat dan mudah.

Share artikel ini:

Artikel Terkait