3 Olahraga Penunjang Perut Rata

Tubuh sehat dan ideal selalu menjadi idaman banyak orang. Selain lebih indah untuk dilihat, juga lebih percaya diri saat tampil di hadapan banyak orang. Apalagi jika masing-masing bagian tubuhnya bebas lemak dan berhiaskan otot yang sempurna. Tentunya orang akan memusatkan pandangan manakala lewat di hadapannya. Memang bukan hal yang cukup mustahil untuk diwujudkan, asal ada kemauan untuk berolahraga dengan rutin dan tepat setiap saat.

Biasanya olahraga yang sering dilakukan untuk menunjang perut rata ini didominasi dengan latihan beban dan juga aerobik. Beberapa jenisnya dapat Anda simak dalam ulasan berikut ini.

Sit-up dengan beban

Bagi Anda yang sering latihan beban, sit-up merupakan latihan yang biasa dilakukan. Namun, Anda mungkin sering merasa bahwa latihan ini kurang begitu tampak hasilnya.  Sebab, sit-up yang Anda lakukan ini hanya mampu membakar kalori sebesar 2-6 kalori saja per menitnya. Hal ini sesuai dengan pernyataan Len Kravitz, PhD., profesor psikologi olahraga dari University of New Mexico, Amerika Serikat.

Untuk meningkatkan pembakaran kalori dengan menggunakan latihan ini, Anda dapat menambahkan beban karung pasir seberat 1,5 hingga 2,5 kg di atas dada. Kemudian, lakukan sit-up dengan cara seperti biasanya selama 15 menit. Anda akan merasakan kontraksi otot yang lebih kuat dan membuat lemak dalam tubuh Anda lebih mudah terbakar. Dengan cara ini, pembentukan otot dalam tubuh Anda menjadi lebih optimal.

Pilates

Olahraga yang satu ini belakangan cukup populer di kalangan masyarakat. Lebih-lebih adalah wanita atau ibu rumah tangga. Pilates memfokuskan pembentukan otot-otot yang ada di sekitar pinggang dengan menggunakan satu gerakan saja. Penelitian yang dilakukan oleh Aubern University, berhasil membuktikan bahwa gerakan dalam pilates lebih efektif daripada sit-up biasa. Anda dapat memulai pilates dengan membaringkan tubuh di matras, kemudian arahkan kaki dan tangan ke atas hingga membentuk huruf V. Tahan beberapa saat sembari menarik napas yang teratur.

Aerobik

Selanjutnya, Anda dapat melakukan aerobik yang dapat membakar lemak sebesar 10-12 kalori setiap menitnya. Aerobik bukan hanya berisi treadmill semata. Berjalan, bersepeda, joging dan berenang juga termasuk ke dalam olahraga ini.  Menurut Harvard Medical School, rutin melakukan aerobik selama 30 sampai 60 menit per hari, dapat membuat lemak yang ada dalam perut terbakar lebih maksima.

Sudah tahu kan olahraga yang dapat mewujudkan impian perut rata Anda? Tunggu apalagi, yuk langsung diaplikasikan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait