4 Alasan Mengonsumsi Protein untuk Sarapan Sehat

Protein merupakan salah satu bagian penting dari pola makan yang sehat, termasuk sarapan. Protein yang terdapat dalam pangan seperti daging, ikan, telur, susu, kacang-kacangan dan sebagainya berperan penting dalam proses kerja sel-sel tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit. Lalu, mengapa protein perlu ada di dalam menu sarapan sehat kita? Berikut ini adalah alasannya.

1.Memenuhi kebutuhan protein harian

Protein terdapat di setiap sel tubuh kita. Tubuh memerlukan protein untuk membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh. Protein juga dibutuhkan untuk menghasilkan enzim, hormon dan komponen penting lainnya. Makan siang dan makan malam saja tak cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan akan protein ini. Karenanya, menu sarapan sehat perlu mencakup protein dalam jumlah yang cukup.

 

2.Memberikan rasa kenyang yang lebih lama

Penelitian yang dilakukan oleh Heather Leidy, assistant professor of nutrition and exercise physiology di University of Missouri, menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi sarapan sehat yang kaya protein nantinya lebih tidak merasa lapar dibandingkan yang tidak mengonsumsi protein. Penelitian ini menyimpulkan bahwa makanan tinggi protein akan mengurangi produksi ghrelin, hormon yang memberikan rasa kenyang.

 

3.Membantu membentuk pola makan yang lebih sehat

Menyambung dari poin sebelumnya, dari rasa kenyang yang dihasilkan oleh menu dengan gizi seimbang saat sarapan akan membantu kita menjaga pola makan harian. Makan siang menjadi tidak berlebihan dan dorongan untuk makan camilan manis dan berlemak pun juga lebih sedikit. Dengan menjaga pola makan Ibu dan keluarga juga bisa mendapatkan berbagai manfaat, salah satunya adalah menjaga berat badan yang ideal.

 

4.Membantu kerja otak

Protein memberikan asam amino yang dibutuhkan otak agar dapat bekerja secara optimal. Asam amino digunakan untuk menghubungkan sel-sel otak yang akan mengirimkan sinyal dari otak ke seluruh tubuh. Menurut Franklin Institute, menu sarapan sehat yang kaya protein akan meningkatkan kadar tirosin di otak untuk pembuatan neropinefrin dan dopamin yang penting untuk meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan proses belajar.

 

Tentunya, selain memastikan protein terdapat di menu sarapan pagi keluarga, Ibu juga perlu cermat dalam memilih bahan makanan mengadung protein dan cara mengolahnya agar keluarga dapat merasakan manfaat protein yang optimal. Yuk Bu, jadikan sarapan sehat sebagai kebiasaan bagi keluarga Ibu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait